in ,

Perhatian, Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari Pasca Minum Obat

CakapCakap – Saat sakit, obat menjadi solusi penyembuhannya. Sayangnya, rasa pahit yang dihasilkan oleh obat cukup mengganggu indra perasa. Untuk mengatasinya, beberapa orang mencari makanan atau minuman untuk dikonsumsi setelah minum obat. Mungkin juga dari Cakap People ada yang terbiasa melakoninya.

Hal ini dilakukan agar rasa pahit dari obat segera hilang. Namun, kamu harus tahu jika tidak semua makanan boleh dikonsumsi setelah minum obat. Ada beberapa yang sebaiknya dihindari, seperti yang terurai berikut ini.

1. Kopi

Kopi via unsplash/ Emre Gencer

Setelah mengonsumsi obat, kamu sebaiknya menghindari kopi. Kafein dalam kopi bisa meningkatkan jumlah antipsikotik dalam darah. Kopi juga dapat meningkatkan resiko overdosis pada jenis obat tertentu seperti ciprofloxacin, norfloksasin ataupun enoxacin.

2. Sayuran hijau

Bayam via pixabay/ Konstantin Kolosov

Selanjutnya adalah sayuran hijau. Akan lebih baik jika kamu berhati-hati mengonsumsi sayuran hijau setelah ataupun sebelum minum obat. Hal ini bisa berakibat pada pengenceran darah seperti halnya warfarin. Jika sudah demikian, maka penurunan pembentukan darah bisa saja terjadi.

3. Susu

Susu via unsplash / Mehrshad Rajabi

Ada juga susu yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah kamu minum antibiotik seperti halnya amoxilin, ampisilisin, kloramfenikol dan lain-lain. Konsumsi susu setelah minum obat bisa berakibat pada terhambatnya penyerapan antibiotik yang kamu minum.

Jika memang ingin minum susu, akan lebih baik jika kamu menunggu selama 2 jam setelah atau sebelum kamu minum antibiotik.

4. Jeruk

Jeruk via Unsplash/ Jonathan Pielmayer

Selanjutnya adalah buah jeruk yang sebaiknya tidak kamu konsumsi bersamaan dengan obat untuk tekanan darah, penurun kolesterol hingga obat kanker. Bahkan, konsumsi obat dengan air jeruk juga bisa menyebabkan terjadinya denyut jantung berubah, kerusakan ginjal juga kematian mendadak. Hindari dulu air jeruk saat mengonsumsi obat tertentu ya.

5. Pisang

Pisang via pixabay/ _Alicja_

Akan lebih baik jika kamu tidak makan pisang setelah minum obat yang mengandung enalapril, kaptopril atau bahkan fosinopril. Selain itu, pisang juga tinggi akan potasium. Kamu harus tahu jika terlalu banyak kalium bisa membuat detak jantung menjadi tidak teratur.

Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, akan lebih baik jika Cakap People ketahui mana yang boleh dikonsumsi dan mana yang tidak setelah minum obat. Tentu saja ini juga akan sangat berpengaruh bagi reaksi obat nantinya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Pengobatan Asam Urat Bisa Dilakukan di Rumah, Begini Caranya!

Menempel Stiker di Laptop Ternyata Berdampak Buruk Untuk Keamanan Privasi Kamu