in ,

Viral di Medsos Gunakan Antibiotik untuk Obat Jerawat, Simak Dulu Penjelasan Ahli Ini!

Gunakan antibiotik sembarangan bisa mengakibatkan resistensi

CakapCakap – Jerawat memang menjadi momok bagi banyak orang. Beberapa bahkan merasa kesulitan dalam menghilangkan jerawat membandel di wajah.  Ada juga mereka yang memilih untuk mencoba-coba pengobatan jerawat dengan cara sendiri meski belum tahu cara tersebut benar atau salah. Nah, ini yang paling bahaya, Cakap People!

Seperti halnya unggahan yang mengatakan jika obat antibiotik Amoxilin bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Unggahan yang satu ini lantas ramai dijadikan pembicaraan di media sosial Twitter.

Viral medsos potret amoxicillin yang dijadikan obat jerawat oleh netizen via kompas.com

Tangkapan layar tersebut bermula saat ada seorang warganet yang menanyakan bagaimana solusi menyembuhkan jerawat yang ia lakukan di fitur InstaStory melalui Instagram. Lantas, ada warganet lainnya yang telah mempraktekkan penggunaan Amoxilin dengan air mawar. Warganet tersebut mengatakan jika penggunaan manjur untuk mengatasi jerawat.

“Lihat sebuah tips (Amoxicillin dicampur air mawar) di Instagram Story orang hehe kuscreenshot), langsung kupraktekkan deh. Asli manjur topcer,” tulis seorang warganet. Dan saat ini unggahan tersebut telah di retweet oleh cukup banyak orang serta disukai oleh ratusan akun.

Adalah Dr. dr. Windy Keumala Budianti SpKK yang juga merupakan staf pengajar Divisi Alergi dan Imunologi Universitas Indonesia yang kemudian menegaskan jika Amoxicillin memiliki resistansi yang lebih besar jika digunakan.

“Bakteri yang utama adalah Propionibacterium acnes. Dengan Doxyciciliin dan klindamisin sudah cukup. Kalau Amoxicillin, resiko resistansinya lebih besar,” papar Windy dikutip dari Kompas. Ia juga menambahkan jika penggunaan Amoxicilin di wajah tidaklah memberi manfaat.

Amoxicillin, antibiotik. Via grid.id

Masih dari lansiran Kompas, tak hanya dr. Windy, seorang dokter yang menjadi staf pengajar Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, dr. Ismiralda Oke Putranti SpKK juga menyatakan jika penggunaan antibiotik yang dilakukan secara sembarangan bisa membuat kuman menjadi lebih resisten.

Antibiotik merupakan obat yang hanya boleh diberikan untuk dokter. Jika pemakaiannya dilakukan secara sembarangan maka akan memperbesar kemungkinan resistensi kuman terhadap antibiotik tersebut.

Menyingkirkan jerawat sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk juga langkah yang alami lho, Cakap People! Penggunaan bahan alami juga lebih aman dan tidak memiliki resiko yang berarti. Belum lagi harganya yang lebih murah bukan? Jadi jangan pernah coba-coba pakai obat yang sama sekali tak kamu ketahui terkait fungsinya tanpa konsultasi dengan dokter.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Olahraga Ternyata Bisa Bantu Ibu Melahirkan Tetap Fit Lho!

Aktor “Titanic” Leonardo DiCaprio Kritik Sampah Plastik Indonesia, Inilah Respons Pemda DKI Jakarta