in ,

Penting Diketahui, Ternyata Ini Penyebab Tubuhmu Tidak Tahan Dingin

CakapCakap – Umumnya, tinggal di iklim tropis membuat Cakap People lebih sering menjumpai cuaca yang terik dibandingkan dingin. Akan tetapi, di musim penghujan serta cuaca ekstrim yang belakangan ini melanda Indonesia, bukan tidak mungkin banyak di antara kamu yang sering merasa kedinginan. Tubuh menggigil sebagai upaya mengembalikan suhu normalnya tentu bisa kamu alami.

Namun, selain cuaca dan lingkungan sekitar ternyata ada juga penyebab tubuh kamu tidak betah dengan suhu dingin. Penyebab tubuh yang tidak betah terhadap dingin memang bermacam-macam. Ada juga yang disebabkan kondisi tubuh hingga kebiasaan kamu lho! Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab tubuh tidak tahan dingin yang umum terjadi.

1. Kebiasaan

Kedinginan di ruang AC via Tribunnews.com

Bagi seseorang yang sejak kecil berada di lingkungan yang dingin, seperti tinggal di puncak atau hidup dengan menggunakan AC, tentu akan bisa tahan dengan suhu dingin disekitarnya. Berbeda dengan mereka yang sejak kecil tidak terlalu akrab dengan AC dan tinggal di lingkungan atau kota yang panas. Hal ini menyebabkan mereka tidak tahan dengan suhu dingin.

2. Pola Makan

Pola makan sehat via Hellosehat.com

Ternyata pola makan juga berisiko menjadi penyebab tubuh tidak tahan terhadap suhu dingin. Pola asupan makanan yang terus terjaga dengan gizi seimbang cenderung bisa mengatasi suhu yang berubah-ubah termasuk ketika suhu menjadi dingin disekitarnya. Sementara bagi seseorang yang kurang menjaga pola makan, biasanya akan rentan perubahan kondisi tubuh ketika menjumpai suhu dingin.

3. Produksi Hormon

Hormon tiroid memberi pengaruh pada ketahanan tubuh terhadap dingin via Kompas.com

Hormon Tiroid yang diproduksi terlalu rendah atau sedikit mengakibatkan seseorang mengalami metabolisme tubuh yang terganggu. Inilah yang bisa juga jadi pemicu seseorang tersebut tidak tahan pada suhu dingin.

4. Genetik

Efek genetik bisa jadi sebab tak tahan suhu dingin via Kawaaibeautyjapan.com

Faktor yang dilihat dari keturunan ini ternyata juga menyumbang secara signifikan. Bagi mereka yang punya orang tua atau genetik tangguh terhadap udara dingin, pasti juga akan tahan dengan suhu dingin disekitarnya. Hal yang sebaliknya terjadi pada mereka yang memang lahir dari orang tua yang tidak tahan dengan suhu dingin.

5. Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh juga mempengaruhi ketahanan akan suhu dingin via Sekreinformasi.blogspot.com

Ketika tubuh berada dalam kondisi yang sehat, kemungkinan kita akan terpengaruh dengan kondisi di sekitar akan semakin kecil. Jadi ketika suhu berubah dingin, bagi kamu yang sehat-sehat saja hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

6. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh juga berpengaruh pada ketahanan terhadap suhu dingin via Cnnindonesia. com

Cadangan energi yang lebih banyak dimiliki orang dengan bentuk tubuh yang gemuk atau menyimpan cadangan lemak yang cukup untuk mengatasi perubahan suhu disekitarnya. Bagi pemilik tubuh gemuk, akan tersedia banyak cadangan energi untuk bertahan dalam kondisi suhu yang dingin agar menghangatkan tubuhnya.

Bagaimana Cakap People, semuanya sudah terasa jelas bukan setelah kamu membaca sederet penyebab tubuh tidak tahan suhu dingin. Kalau seperti itu, mulai sekarang kamu tak perlu terlalu cemas karena mengalaminya. Terpenting, antisipasi saja apa yang harus dilakukan saat menghadapi situasi dingin bagi tubuhmu.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Perhatikan Hal Ini Agar Jogging Bisa Jadi Kebiasaan Rutin!

Ternyata Olahraga Tanpa Pakai Sepatu Bahaya loh, Ini yang Bisa Kamu Alami!