in ,

Penting Bagi Generasi Millennial! Jaga Kesehatan Otak dengan Cara Olahraga Ini

CakapCakap – Memiliki tubuh yang sehat dan bugar memang sangat penting, agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat. Namun, generasi millennial termasuk Cakap People juga harus ingat bahwa menjaga kesehatan otak pun tidak kalah penting. Otak yang sehat akan bisa memberikan kebahagiaan bagi setiap orang dalam menjalani kehidupan. Tidak hanya itu, kesehatan otak secara tak langsung juga terkait dengan tubuh yang sehat dan bugar seperti yang diharapkan.

Berolahraga dengan cara berbeda bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak. Via dailymoslem.com

Jennifer Zientz, MS dariPusat Kesehatan Otak di Universitas Texas, Dallas mengatakan bahwa gaya hidup dan pola makan sehari-hari dapat membantu menangkal penurunan kognitif, meningkatkan kreativitas dan menjaga kondisi depresi. “Cara manusia menggunakan otak sehari-hari, masalah, dan kebiasaan yang dilakukan adalah bentuk-bentuk dalam cara manusia menggunakan otaknya. Kamu tidak pernah terlalu muda atau terlalu tua untuk memulai,” ungkapnya dimuat laman Okezone.com.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan otak, salah satunya berolahraga dengan cara yang berbeda, yaitu mencampur latihan yang dilakukan. Menurut sebuah studi dalam The Journal of Aging Research, wanita dengan gangguan kognitif ringan yang melakukan aktivitas berjalan atau angkat beban bisa meningkatkan ingatan mereka setelah enam bulan kemudian. Tapi, mereka yang hanya melakukan aktivitas peregangan, ternyata memiliki ingatan yang lebih buruk.

Olahraga angka beban dapat meningkatkan memori spasial seseorang. Via health.grid.id

Baik beban berjalan maupun beban angkat memang dapat meningkatkan memori spasial seseorang; yaitu jenis memori yang membantu manusia mengingat lingkungannya, seperti tata letak ruangan, atau paling sederhana tempat meletakkan kunci. Tetapi mereka yang latihan berjalan dapat memiliki keuntungan verbal jauh lebih besar. Berbagai jenis latihan memang memiliki manfaat mental yang berbeda. Makanya, cobalah untuk melakukan latihan ketahanan dan berat badan dengan rutin.

Selain itu, olahraga yoga ternyata juga mampu membantu menjaga kesehatan otak. Menurut tim ilmuwan saraf UCLA, ketenangan batin bukanlah satu-satunya kegembiraan yang didapat dengan mengikuti kelas yoga. Orang-orang yang berlatih yoga dan meditasi Kundalini selama tiga bulan bisa mengalami pengurangan kognitif dan masalah yang sering mendahului penyakit Alzheimer, dan juga bentuk lain dari demensia. Faktanya, yoga memang ternyata jauh lebih efektif dibandingkan latihan peningkatan daya ingat tradisional untuk kesehatan otak manusia. Silahkan dicoba ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Pangeran Harry dan Meghan Berbagi Foto Baby Archie pada “Hari Ayah”

Hobi Renang? Ini Tips Berenang yang Benar dari Atlet Olimpiade!