in

Pasangan Terlalu Posesif? Bisa Jadi Ia Menderita Gangguan Mental Berikut!

CakapCakap – Setiap orang memang memiliki sifat serta karakter yang berbeda-beda Cakap People. Jadi kamu tak perlu heran jika memiliki pasangan yang berbeda karakter dengan dirimu. Tetapi terkadang ada beberapa sifat pasangan yang seolah malah memberatkan kita dalam hubungan tersebut. Salah satu sifat tersebut ialah posesif.

Bagaimana ciri pasangan yang posesif? Agaknya kamu bisa menilainya sendiri! Sebab posesif dari masing-masing pasangan itu tak serupa. Ada yang melarang pasangannya untuk pergi dengan lawan jenis kendati beramai-ramai namun ada juga yang mengizinkan lalu menelepon hingga ratusan kali. Ternyata sifat posesif yang berlebihan tersebut dapat dikaitkan dengan masalah mental hingga emosi. Berikut ini daftarnya!

1. Borderline Personality Disorder

Pasangan cemas berlebihan via Hellosehat.com

BPD termasuk gangguan emosi yang cukup serius. Sebab mereka yang mengalami kondisi ini akan cenderung takut saat ditinggal sendiri, punya paranoid pada dirinya sendiri serta memiliki emosi yang naik turun. Saat mereka depresi serta cemas lantaran rasa pada pasangan kian memudar maka sosoknya akan berubah dari cinta jadi perasaan ingin mengatur hidup pasangan. Maka dari itu BPD juga seringkali dikenal sebagai penyebab mengapa pasangan jadi sangat posesif.

2. Obsessive Compulsive Disorder

Posesif berlebih via Hellosehat.com

Ketika seseorang merasakan cemas berlebih hingga terlampau terobsesi dengan suatu hal hingga melakukan aktivitas tersebut secara berulang maka dapat disebut sebagai gangguan mental berupa OCD. Kecemasan tersebut dapat berupa kecenderungan untuk membersihkan diri sampai berulang kali. Tetapi OCD juga dapat berujung buruk pada sebuah hubungan. Jika pasangan kamu dalam kondisi ini maka ia akan cenderung perlu kepastian secara terus-menerus sampai memicu timbulnya rasa posesif.

3. Attachment Disorder

Terlalu takut kehilangan via Iyakan.net

Berikut merupakan suatu kelainan mental yang terjadi kala seseorang menjadi sangat terikat pada orang terdekat atau pasangannya. Akibat hal ini maka ia sering berinteraksi dengan orang asing. Umumnya orang yang mengalami gangguan ini biasanya mengidap trauma saat masih kecil. Alhasil pengalaman tersebut tak bisa membuat merasa percaya pada orang dewasa serta kemudian terbawa hingga punya pasangan. Mereka pun akhirnya menjadi sosok yang posesif.

Sudah paham bukan Cakap People apa saja gangguan mental yang dapat menimbulkan rasa posesif? Jika kamu sudah mengetahui hal tersebut dan merasa bahwa pasangan posesif secara berlebihan maka jangan segan untuk mengajaknya berkonsultasi pada ahlinya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Dua Warga Sidrap Ini “Taruhan” Tanah Satu Hektar Demi Pilpres 2019

Ingin Hilangkan Komedo Hitam yang Membandel di Wajah? Begini Caranya!