in ,

Orang Asal Indonesia Bagikan Cinta untuk Pengungsi di Azerbaijan

CakapCakap – Hartawan ‘Hauwke’ Setjodoningrat, Sunny Ruslie dan Hendarmin Wibawa, akhir Maret 2019 lalu ramai di media sosial, karena aksinya yang sangat membanggakan bagi Indonesia. Ketiganya yang merupakan rombongan Indonesia Country Explorer ini ternyata sedang berekspedisi keliling dunia. Pada Minggu 25 Maret 2019 lalu, mereka tiba di Azerbaijan dengan mobil bernomor polisi Jakarta, yakni B 68 AR. Diketahui sebelum tiba di tempat ini, ketiganya sudah sempat berkeliling di beberapa kawasan Turki dan Georgia, juga dengan mobil tersebut.

Trio Ekspedisi Indonesia tiba di Azerbaijan
https://kataindonesia.com/wp-content/uploads/2019/03/WhatsApp-Image-2019-03-29-at-11.34.02-PM.jpeg

Tiba di Azerbaijan, mereka menghampiri para pengungsi yang ada di kawasan perkotaan. Aksi yang terdengar hingga ke Husnan Bey Fananie selaku Dubes RI di Azerbaijan mendapatkan tanggapan yang positif. Beliau menyatakan kesalutannya, bahwa ketiga pria ini punya target yang tidak mudah, yakni keliling dunia. Mereka bahkan tidak hanya berlibur, tapi mau meninggalkan kehidupan nyamannya untuk mempromosikan dan membawa nama bangsa. Apalagi di setiap tempat singgah, mereka menjalin kedekatan dengan penduduk lokal, yang pastinya punya nilai kemanusiaan tersendiri. Tim ekspedisi ini diketahui sudah menjalani aktivitas keliling dunianya selama 5 tahun.

Ketika singgah di Azerbaijan, trio ekspedisi ini juga mengadakan bakti sosial dengan memberikan paket sembako dan selimut kepada para pengungsi di daerah Nagorno – Karabakh. Pengungsi ini adalah penduduk yang tadinya tinggai di daerah konflik antara Azerbaijan dan Armenia. Paket sumbangan yang diberikan tidaklah sedikit, tetapi mencapai 340 paket. Aksi ini mereka anggap sebagai bentuk simpati, cinta damai, dan persaudaraan yang seharusnya akan lebih erat antara Indonesia dan Azerbaijan. Apalagi untuk para pengungsi dari daerah konflik, aksi semacam ini menunjukkan bahwa Indonesia mendukung penyelesaian konflik tersebut agar tidak berdampak buruk bagi kemanusiaan.

Trio Ekspedisi Indonesia tiba di Azerbaijan
https://kataindonesia.com/wp-content/uploads/2019/03/WhatsApp-Image-2019-03-29-at-11.34.03-PM.jpeg

Trio ekspedisi ini membawa mobil Land Cruiser yang begitu kokoh. Selain bernomor polisi asing, ternyata tulisan Wonderful Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lokal yang sedang berada dii kawasan tersebut. Bahkan ada banyak juga masyarakat lokal yang mengambil foto berlatar mobil tersebut. Dengan mobil yang sudah menembus 70 batas negara ini, trio ekspedisi ini memahami bahwa kebahagiaan hidup tidak hanya bisa dialami di satu kondisi saja. Dalam perjalanan keliling dunia, mereka merasa bahwa perjalanan ini bisa memperkaya diri, melalui rasa percaya diri yang lebih kuat, hingga rasa kecintaan terhadap tanah air yang semakin tinggi.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tegas! Indonesia Pastikan Nuklir Sebagai Energi Damai Dunia

Menyayat Hati, Inilah Masalah yang Sering Dihadapi Oleh Driver Transportasi Online!