in ,

Miliarder Perancis Ini Sumbang Rp1,6 Triliun Untuk Bangun Kembali Katedral Notre Dame

CakapCakapCakap People! François-Henri Pinault membuat pengumuman beberapa jam setelah kebakaran dahsyat yang menghancurkan katedral bersejarah; Notre Dame.

François-Henri Pinault. (Foto: Nick Potts/AP)

Melansir BuzzFeed News, Selasa, 16 April 2019, miliarder Perancis François-Henri Pinault mengatakan pada Senin malam waktu setempat, dia dan keluarganya akan menyumbangkan 100 juta euro, atau sekitar Rp1,6 triliun untuk membantu membangun kembali Katedral Notre Dame. Hal itu disampaikan beberapa jam setelah kebakaran dahsyat yang menghancurkan struktur bersejarah, meruntuhkan puncak menara dan menyebabkan kerusakan signifikan.

“Ayah saya [François Pinault] dan saya telah memutuskan untuk menyumbangkan dari dana Artemis sejumlah 100 juta euro untuk berpartisipasi dalam upaya yang akan diperlukan untuk rekonstruksi lengkap Notre Dame,” tulis Pinault dalam sebuah pernyataan .

Notre Dame sebelum peristiwa kebakaran dahsyat. (Foto: Sky News)

Miliarder François-Henri Pinault adalah Pimpinan dan CEO grup mewah internasional Kering, yang meliputi Gucci dan Saint Laurent. Ia juga adalah presiden perusahaan induk Prancis Groupe Artémis, yang memiliki rumah lelang seni rupa Christie’s.

Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan Senin malam bahwa ia berencana untuk meluncurkan kampanye penggalangan dana nasional untuk membangun kembali katedral yang telah berusia berabad-abad tersebut.

Konstruksi bangunan bagian dalam Notre Dame sebelum peristiwa kebakaran. (Foto: Sky News)

“Kami akan membangun kembali,” kata Macron kepada wartawan. “Kami akan membangun kembali Notre Dame karena ini adalah apa yang diharapkan oleh Perancis, karena inilah yang pantas untuk sejarah kami, karena itu adalah takdir kami.”

Dalam lebih dari 800 tahun sejarahnya, Notre Dame telah mengalami restorasi yang luas dan mahal untuk memperbaiki dan mengembalikan salah satu contoh terbaik dari arsitektur Gothic Perancis.

Foto: Sky News

Ketika kebakaran terjadi, puncak menara Notre Dame sedang diperbaiki sebagai bagian dari renovasi bernilai jutaan dolar untuk memperbaiki kerusakan air pada struktur kayu.

Dalam beberapa tahun terakhir, pejabat katedral telah mencari dana swasta untuk menopang dana yang negara Perancis persembahkan untuk pemeliharaannya melalui yayasan Friends of Notre-Dame de Paris.

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

3 Tempat di Indonesia Ini Pernah Tertutup Salju loh, Mana Saja?

3 Cara Komunikasi Ini Bisa Bikin Berantem dengan Pasangan, Hindari ya!