in ,

Mengenal Notre-Dame Paris, Gereja Katedral Termegah di Dunia yang Terbakar Hebat

CakapCakapCakap People! Notre-Dame bak suguhan seni bangunan yang terkenal dan termegah di dunia. Kebakaran hebat yang terjadi pada Senin, 15 April 2019, waktu setempat, membuat keindahan dan kemegahannya seolah terenggut.

Melansir Sky News, Selasa, 16 April 2019, gereja Katedral yang ikonik di Paris, Perancis ini dikunjungi oleh sekitar 12 juta orang di seluruh dunia setiap tahun.

Notre-Dame di Paris, Perancis sebelum peristiwa kebakaran. (Foto: Sky News)

Notre-Dame de Paris – atau “Our Lady of Paris” – adalah katedral Katolik Roma Gotik dan yang terbesar di ibukota Perancis.

Terletak di Ile de la Cite di pusat kota Paris di Sungai Seine, katedral ini adalah rumah bagi karya seni yang tak ternilai.

Katedral, yang dibangun pada abad ke-12, pernah ditampilkan dalam novel klasik Hugo pada 1831 karya Victor Hugo, The Hunchback of Notre-Dame.

Dalam novel klasik itu, tokoh Quasimodo, karakter utama, ditakuti oleh orang Paris karena kelainan bentuknya, tetapi menemukan tempat perlindungan di katedral dan dipekerjakan sebagai orang yang membunyikan lonceng. Quasimodo telah diperankan oleh aktor Hollywood termasuk Charles Laughton dan juga dalam adaptasi sejumlah animasi.

Bangunan Gotik dari Katedral ini adalah salah satu yang paling terkenal dari Abad Pertengahan dan dibangun di atas reruntuhan dua gereja sebelumnya.

Dunia bersedih menyaksikan Notre-Dame yang mengalami kebakaran hebat. (Foto: Sky News)

Batu pertama katedral Notre-Dame de Paris diletakkan pada tahun 1163 pada masa pemerintahan Louis VII, ketika kota abad pertengahan Paris tumbuh dalam populasi dan kepentingan, baik sebagai pusat politik dan ekonomi kerajaan Perancis.

Pembangunan konstruksi gereja tersebut kemudian berlanjut sebagian besarnya pada abad berikutnya, yaitu dengan perbaikan besar dan penambahan dilakukan pada abad ke-17 dan ke-18. Batu dan kaca ukiran dari bangunan itu menciptakan kembali gambar dan pelajaran dari Alkitab.

Struktur yang mendominasi adalah dua menara lonceng yang dibangun pada abad ke-13. Lonceng terbesar yang disebut “bourdon” ini menggunakan nama “Emmanuel”.

Megah dan indahnya bangunan bagian dalam Notre-Dame sebelum peristiwa kebakaran. (Foto: Sky News)

Untuk menuju menara lonceng Notre-Dame, para pengunjung membutuhkan 387 langkah dengan melewati galeri Chimera, yaitu mahluk mitos yang biasanya terdiri lebih dari satu hewan.

387 langkah menuju menara membawa pengunjung melewati galeri chimera, makhluk mitos biasanya terdiri dari lebih dari satu hewan. Yang paling terkenal dari semua ini adalah “Stryge” gargoyle yang duduk di atas katedral menyaksikan Paris dengan kepala bersandar di tangannya.

Gargoyle yang duduk di atas katedral menyaksikan Paris dengan kepala bersandar di tangannya. (Foto: Sky News)

Diperkirakan 12 juta orang di seluruh dunia berbondong-bondong ke Notre-Dame, menjadikannya salah satu tempat wisata paling populer di dunia.

Notre-Dame berada di tengah-tengah renovasi dan beberapa bagian berada di bawah perancah dan patung-patung perunggu dikeluarkan minggu lalu yang sedang dikerjakan.

Media Prancis mengutip brigade pemadam kebakaran Paris, mengatakan bahwa kebakaran itu “berpotensi terkait” dengan proyek renovasi senilai £5,1 juta untuk puncak gereja dengan 250 ton timahnya.

Alistair Bruce mengatakan: “Katedral itu akan dibangun oleh pengrajin abad pertengahan menggunakan kayu yang telah ditebang dan telah akan mengering berabad-abad dan terlindung dari hujan.”

“Tentu saja, sekali kayunya terbakar, Anda bisa melihat cahaya besar datang dari pusat jantung katedral yang istimewa ini dan akan terbakar untuk beberapa waktu.”

“Yang menarik adalah bahwa mereka menyimpan reservoir air secara sengaja sehingga jika ada kebakaran, bisa dengan cepat dikerahkan untuk mencoba dan melawan efek dari kehancuran itu, tetapi kita tidak tahu sejauh mana itu mungkin terjadi.”

Foto: Sky News

Kini, kemegahan dan keindahan menara Notre-Dame telah runtuh saat kebakaran hebat menghancurkan gereja Katedral terbesar di Paris, Perancis ini yang tak bisa diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran setempat.

Akibat kebakaran Notre-Dame ini, Presiden Prancis, Emmanuel Macron menyatakan keadaan darurat nasional, karena pihak berwenang mengesampingkan pembakaran atau motif terkait teror.

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Leher Kaku Jangan Disepelekan, Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini!

Ternyata Ini loh Cara Aman Mengisi Baterai Ponsel, Anti Meledak!