in ,

Miliarder Jepang yang Mau Terbang ke Bulan Malah Rugi Hampir Rp 10 T, Kok Bisa?

CakapCakap – Untung rugi dalam dunia bisnis memang tidak bisa diprediksi sama sekali. Siapapun bisa tiba-tiba mengalami kerugian dalam jumlah sangat besar, meskipun sebelum sempat meraih untung berkali-kali lipat. Cakap People yang sedang menjalani bisnis pun pasti pernah merasakan seperti itu. Itu pula yang dialami oleh salah seorang miliarder, sekaligus salah satu orang terkaya di Jepang, Yusaku Maezawa yang baru-baru ini terpaksa menelan kerugian besar hampir Rp 10 triliun.

Salah satu orang terkaya di Jepang, Yusaku Maezawa harus menelan kerugian besar hampir Rp 10 triliun. Via asia.nikkei.com

Maezawa sendiri baru saja membeli kesempatan untuk bisa terbang dan liburan ke bulan bersama roket SpaceX milik Elon Musk, meski jadwal keberangkatannya belum diketahui. Namun, kini dia terpaksa harus mengikhlaskan kerugian finansial sebelum bisa pergi ke bulan. Kerugian ini terjadi karena jatuhnya saham perusahaan ritel pakaian miliknya, Zozo sebesar 26 persen dalam setahun terakhir. Akibatnya, dia kehilangan harta hingga 700 juta dolar AS, atau sekitar Rp 9,8 triliun, seperti dilaporkan Merdeka.com. Jumlah ini jauh lebih banyak dari capaian penjualan tahun baru Zozo.

Kerugian ini pun hampir menyamai keuntungan terakhir yang dilaporkan Zozo, yakni sebesar 98 miliar yen atau setara Rp 12,3 triliun. Akibat kerugian ini pula, posisi Maezawa dalam daftar orang terkaya di Jepang yang sebelumnya berada di peringkat 18, kini terpaksa harus melorot ke posisi 22. Jika ditotal, jumlah hartanya secara keseluruhan saat ini hanya tersisa 2 miliar dolar AS lagi, sekitar Rp 28,2 triliun. Sedang penjualan tahun baru Zozo saat ini mencapai 10 miliar yen (Rp 14,1 triliun).

Padahal Yusaku Maezawa baru saja membeli kesempatan untuk jadi orang awam pertama yang akan terbang ke bulan bersama SpaceX. Via japantimes.co.jp

Sebelumnya, pada bulan September 2018 lalu, Maezawa mengaku telah memborong enam hingga delapan kursi untuk penerbangan ke bulan dari SpaceX menggunakan pesawat luar angkasa Big Falcon Rocket, seperti dimuat dalam laman VIVA.co.id. Dengan begitu, dia pun akan jadi orang awam pertama yang akan terbang dan menjelajahi bulan. Namun, keberangkatannya sendiri sepertinya baru akan terjadi pada tahun 2023 mendatang, di mana dia akan mengajak ikut sejumlah seniman.

Elon Musk sendiri menggambarkan pria yang sebelumnya memiliki kekayaan sekitar 3 miliar dolar AS itu sebagai seorang yang sangat berani, sehingga menyatakan keinginannya untuk ikut serta dan memberi dukungan dalam misi ke bulan. Semoga Maezawa bisa dapat untung lagi ya, Cakap People!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Miliarder Buka Lowongan Kerja Gaji Rp 521 Juta dan Bisa Keliling Dunia, Mau?

Time Rilis 100 Orang Berpengaruh di Dunia Tahun 2019, Hampir Separuh Wanita Lho!