in ,

Menolak Permintaan Hacker, Radiohead Rilis 18 Jam Musik Album OK Computer

Lagu-lagu Radiohead yang sudah diretas oleh hacker itu bisa diakses online secara gratis..

CakapCakap – Legenda rock alternatif Radiohead pada hari Selasa merilis 18 jam rekaman musik dari album tahun 1997 mereka yang berjudul OK Computer. 

Band Inggris Radiohead tampil selama tur musim panas 2018 di Amerika Utara untuk mendukung album terbaru ‘A Moon Shaped Pool’, di United Center pada 6 Juli 2018 di Chicago. (Foto: AFP / Kamil Krzaczynski)

Langkah itu dilakukan setelah arsip MiniDisc milik pentolan band ini, Tom Yorke diretas oleh hacker yang meminta uang tebusan sebesar US$150 ribu, atau sekitar Rp2,1 miliar untuk musik tersebut. 

Alih-alih memenuhi permintaan hacker yang tak bertanggung jawab itu, Radiohead justru merilis semua lagu yang diretas itu ke publik. Koleksi rekaman sebanyak 1,8 gigabyte dan pertunjukan langsung yang langka itu diunggah di situs mereka; radiohead.bandcamp.com.

“Pekan lalu, kami diretas—seseorang mencuri arsip minidisk Thom dari sekitar OK Computer dan dilaporkan meminta US$150 ribu dengan ancaman akan merilis musik itu. Jadi, ketimbang mengeluh—banyak—atau mengabaikannya, kami merilis seluruh 18 jam musik di Bandcamp untuk membantu Extinction Rebellion. Untuk 18 hari ke depan, dengan 18 poundsterling, kalian bisa tahu apakah kami harus membayar uang tebusan itu. Nggak pernah dimaksudkan untuk konsumsi publik (meski beberapa klipnya ada yang masuk kaset di reissue OK Computer), musik ini hanya menarik secara bersinggungan. Dan, sangat, sangat panjang. Bukan untuk unduhan telepon,” papar gitaris Radiohead Jonny Greenwood dalam tulisan yang diunggah di akun Twitter miliknya.

Lagu-lagu Radiohead yang sudah diretas oleh hacker itu bisa diakses online secara gratis. Band asal Inggris ini juga menjual unduhan sebuah album dari 18 MiniDiscs yang diretas seharga £18, atau sekitar Rp324.000. 

Penjualan album Radiohead itu akan dilakukan selama 18 hari ke depan untuk mengetahui apakah hacker tersebut masih meminta uang tebusan atau tidak. Hasil penjualan itu akan disumbangkan ke kelompok kampanye lingkungan Extinction Rebellion.

Foto: Instagram @radiohead.

“Kami telah diretas. Mini disc arsip saya dari 1995—1998 (?). Musiknya sangat tidak menarik, banyak sekali. Kalau kalian mau, kalian bisa membeli banyak. 18 minidisk dengan harga 18 poundsterling. Uangnya akan didonasikan ke Extinction Rebellion. Karena ini ada di luar sana, maka ini akan baik-baik saja. Sampai kita semua bosan dan melangkah maju,” tulis Thom di laman Bandcamp Radiohead.

Album OK Computer ini merupakan salah satu album Radiohead yang pernah hit. Lagu-lagu seperti No Surprises, Karma Police dan Paranoid Android adalah beberapa deretan single yang terkenal di album ini. Bahkan, OK Computer ini pernah memenangkan Grammy Award untuk kategori album musik alternatif terbaik pada 1998. 

*Dirangkum dari berbagai sumber.

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Sering Diremehkan, Ternyata 7 Manfaat Baik Ini Akan Didapat dengan Makan Talas

Segera Sadari 5 Tanda Ini, Ternyata Workaholic Bukan Pekerja Handal