in ,

Mau Beli Surat Utang Negara Seri ‘James Bond’? Ini Keuntungannya!

Memberikan keuntungan kupon minimal 7,5 persen

CakapCakap – Pemerintah Indonesia kembali menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) ritel berbasis online (e-SBN) yang diberi nama SBR007. Bagi Cakap People yang belum paham, surat utang negara ini merupakan salah satu instrumen investasi seperti saham, namun diterbitkan oleh pemerintah khusus untuk masyarakat Indonesia yang ingin berinvestasi dengan aman. Menariknya, surat utang kali ini menggunakan kode ‘007’ sehingga banyak yang menyebutnya sebagai surat ‘James Bond’.

Pemerintah kembali menerbitkan instrumen investasi berupa Surat Utang Negara SBR007, sehingga disebut surat utang ‘James Bond’. Via detik.com

“Jadi ini diterbitkan oleh pemerintah. Kalau diterbitkan pemerintah itu Insya Allah aman. Gak pernah dengar kan, pemerintah default (gagal bayar). Atau kita tunda dulu pembayaran, gak ada. Jadi Insya Allah aman,” jelas Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman, seperti yang dilansir laman Detik.com. SBR007 sendiri menawarkan kemudahan karena instrumen investasi ini dapat dibeli secara online, dengan minimum pemesanan sebesar Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

SBR007 juga punya kupon yang cukup menarik dengan sifat mengambang dan batasan tingkat kupon minimal (floating with floor), di mana batasan kupon paling bawahnya 7,5 persen. Sebagai simulasi, misal kamu membeli SBR007 sebanyak Rp 10 juta. Dengan kupon 7,5 persen, maka uang dari kupon yang didapat dalam satu tahun minimal Rp 750 ribu. Jumlah itu dibagi 12 maka uang dari hasil kupon setiap bulan adalah Rp 62.500. Lalu, dipotong pajak 15 persen, bersih setiap bulan adalah Rp 53.125.

SBR007 bisa dibeli dengan pemesanan minimal sebesar Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar, dengan keuntungan kupon minimal 7,5 persen. Via bisnis.com

Masa SBR007 sendiri dua tahun dengan tanggal jatuh tempo pada tanggal 10 Juli 2021. Jika dikalikan 24 bulan, maka jumlah kupon yang diterima sebesar Rp 1,27 juta. Total uang yang diterima nantinya bersamaan dengan uang pembelian adalah Rp 11,27 juta. Hitungan itu masih berdasarkan asumsi kupon paling dasar. Kuponnya akan mengacu pada suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI 7 days reverse repo rate. Penghitungan kuponnya adalah suku bunga acuan BI ditambah spread tetap 1,5%.

Lalu, bagaimana cara membelinya? Pemerintah telah menunjuk 20 mitra distribusi, yang terdiri dari 12 bank umum, 3 perusahaan sekuritas, 3 perusahaan efek berbasis teknologi, dan 2 perusahaan fintech peer to peer lending, di mana SBR007 bisa dibeli secara online, seperti dikutip dari laman lain Detik.com. Caranya dengan membuka website masing-masing mitra distribusi dan lakukan registrasi online. Bagi investor baru, buat dulu Single Investor Identification (SID) dan rekening surat berharga via sistem pesan online. Setelah terdaftar baru lakukan pemesanan dan pembayaran sesuai instruksi. Ayo mulai berinvestasi, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Samsung Bakal Keluarkan 2 Varian Baru Samsung Galaxy A50, Benarkah?

Beda dengan Grab, Go-Jek Lakukan Ini Pada Pengguna yang Suka Cancel Order