in ,

Manfaat Donor Darah yang Wajib Kamu Ketahui!

Alasan kamu wajib donor darah

CakapCakap – Apa yang pertama kali muncul dalam benak Cakap People ketika mendengar kata donor darah? Sejatinya aktivitas donor darah merupakan tindakan yang mulia. Sebab kamu bisa membantu orang lain yang sedang membutuhkan donor darah. Namun tak hanya itu saja, sebab donor darah juga bermanfaat bagi kamu yang melakukannya.

Sehingga tidak hanya penerima saja yang mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut. Lantas, apa saja manfaat donor darah bagi para pelakunya? Coba simak tuntas ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Serangan jantung secara tiba-tiba via Hellosehat.com

Penyakit jantung merupakan salah satu momok yang cukup mengerikan. Namun dengan melakukan agenda donor darah, maka bisa mengurangi risiko penyakit tersebut sampai 88% seperti yang dijelaskan dalam American Journal of Epidemiology. Perlu kamu ketahui jika kadar zat besi yang cukup tinggi dalam darah mampu menimbulkan penyempitan dalam pembuluh darah. Alhasil menjadikan risiko serangan jantung bertambah tinggi. Oleh karena itu, dengan menguras endapan kadar zat besi secara ekstra dengan cara donor darah bisa menjadikan tubuh kamu lebih sehat. Tertarik mencobanya?

2. Sebagai sarana memantau kesehatan

Manfaat donor darah bagi kesehatan via Go-dok.com

Sebelum proses pengambilan darah, maka terlebih dahulu kamu akan diperiksa. Mulai dari suhu tubuh, denyut nadi, hemoglobin hingga tekanan darah. Nah, dari serangkaian proses tersebut tentu saja dapat membantu kamu untuk mengecek serta memantau kondisi fisik. Apabila darah kamu kandungan zat besinya terlalu rendah, maka klinik akan memberitahukan hal tersebut padamu dan tak jadi mengambil darah. Jika terjadi masalah pun mereka akan memberitahukan hal tersebut padamu. Alhasil kamu pun bisa mengecek kondisi kesehatan fisik melalui donor darah.

3. Memangkas potensi terkena kanker

Cegah risiko penyakit kanker via Lifestyle.kompas.com

Dewasa ini kanker merupakan salah satu penyakit yang belum mendapatkan obat secara pasti. Sehingga kamu disarankan untuk menjaga kesehatan dengan sangat baik agar tak terkena penyakit yang satu ini. Menurut sebuah penelitian ternyata donor darah bisa mengurangi risiko penyakit kanker loh! Proses donor darah dihubungkan dengan metode pemangkasan zat besi yang erat hubungannya dengan kematian serta risiko kanker yang lebih rendah. Penelitian tersebut dilakukan oleh Journal of National Cancer Institute. Hasilnya menunjukkan hasil jika pasien pengidap penyakit arteri perifer menyumbangkan darahnya secara teratur dan punya risiko jauh lebih rendah terkena penyakit kanker dibanding mereka yang tak melakukannya.

Sudah tahu bukan apa saja manfaat donor darah bagi kesehatan kamu? Oleh karena itu, sebaiknya jangan ragu untuk donor darah Cakap People. Beberapa manfaat di atas bisa kamu dapatkan jika rutin mendorokan darah. Semoga bermanfaat ya!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Begini Cara Menentukan Tujuan Hidup Demi Kehidupan yang Lebih Baik!

Siap-Siap! Ini Tanggal Peluncuran Smartphone Anyar Samsung Galaxy Note 10