in ,

Luar Biasa! India Bakal Luncurkan Stasiun Luar Angkasa pada Tahun 2030

CakapCakap – Berbagai penemuan dan upaya terkait dengan luar angkasa terus dilakukan di banyak negara dunia. Tidak ketinggalan pula negara-negara Asia juga turut mengembangkan inovasi mereka untuk bisa menjelajah hingga ke luar angkasa. Cakap People mungkin belum banyak tahu, India pun ternyata juga sudah sangat maju dalam bidang astronomi. Bahkan, diam-diam sekarang India sudah memasang target untuk meluncurkan stasiun luar angkasa sendiri sekitar tahun 2030 mendatang.

India memasang target untuk meluncurkan stasiun luar angkasa sendiri sekitar tahun 2030. Via youtube.com

Menurut Kepala Organisasi Riset Luar Angkasa India (ISRO) K Sivan, stasiun luar angkasa ini mungkin berukuran relatif kecil di mana para astronot hanya akan tinggal selama 15 sampai 20 hari, seperti dilansir oleh laman CNNIndonesia.com. Meski begitu, ukuran tersebut sudah cukup untuk melakukan eksperimen gravitasi mikro demi memenuhi ambisi kehadiran India di orbit bumi. Dia menegaskan bahwa India tidak akan bergantung pada negara lain untuk mendapatkan bantuan terkait misi ini.

Sivan pun menyebut bahwa rincian lebih lanjut terkait rencana ini diharapkan akan muncul setelah misi manusia pertama India di bulan pada tahun 2022 mendatang. Saat ini, mereka fokus pada misi pendaratan di bulan tersebut, yang akan diluncurkan pada tanggal 15 Juli nanti. Jika semua berjalan sesuai rencana, India akan jadi bagian dari klub eksklusif, Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Terlepas dari negara-negara mitra yang terlibat, hanya Cina, Rusia dan AS yang mengoperasikannya.

India telah melakukan peluncuran misi ke bulan pertamanya pada 2008, dan berencana mengirim misi manusia pertama India ke bulan pada 2022. Via india-aware.com

Sebelumnya, diketahui pula bahwa India juga tengah membangun stasiun luar angkasa versi ‘mini’ untuk mendukung peluncuran misi pendaratan di bulan dalam tiga tahun ke depan, dikutip dari laman lainnya di CNNIndonesia.com. Meski stasiun luar angkasa itu tak sebesar ISS, namun Sivan menyebut stasiun tersebut diharapkan bisa dipakai selama bertahun-tahun, serta dilengkapi dengan fasilitas eksperimen dan bertahan hidup bagi para astronot. “Stasiun luar angkasa kami nantinya berukuran sangat kecil, tapi bermanfaat untuk membawa material eksperimen,” ungkap Sivan.

India telah sukses merampungkan peluncuran misi ke bulan pertamanya pada tahun 2008 lalu, di mana mereka menemukan adanya molekul air di bulan. Selanjutnya, mereka juga menargetkan misi untuk mempelajari matahari pada tahun 2020 dan peluncuran ke Venus pada tahun 2023. Luar biasa ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

4 Zodiak yang Terkenal Royal, Apa Kamu Termasuk?

Google Dituduh Curi Lirik Lagu dari Genius.com, Kok Bisa?