in ,

Luar Biasa! Anak Petani dari Pelosok Sumbar Berhasil Jadi Lulusan Terbaik Akpol 2019

Dia akan dilantik langsung oleh Presiden Jokowi pada 16 Juli 2019

CakapCakap – Setiap orang pasti punya impian menjadi yang terbaik dalam bidang pun, setidaknya sekali dalam hidupnya. Cakap People sendiri tentunya juga punya cita-cita yang sama. Nah, pemuda yang satu ini baru saja mewujudkan impiannya untuk jadi yang terbaik. Prestasi yang baru diraihnya itu pun semakin spesial. Pasalnya, dia hanya seorang anak petani dan berasal dari daerah pelosok di Sumatera Barat, tak disangka-sangka meraih prestasi yang mungkin sulit dicapai banyak orang itu.

Lulusan terbaik Akpol 2019, Muhammad Idris yang berasal dari daerah pelosok di Sumatera Barat. Via kompas.com

Dia adalah Muhammad Idris, pemuda dari Jorong Mudiak Lawe, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, yang baru saja berhasil menjadi taruna Akademi Kepolisian (Akpol) terbaik tahun 2019, seperti dilaporkan oleh laman Kompas.com. Taruna berusia 23 tahun itu lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,54 dari 4. Bahkan, empat penghargaan lainnya sekaligus juga diraihnya, yakni Adhi Makayasa, Ati Tanggon Emas, Ati Trengginas Perak dan Ati Tangkas Perak.

“Menjadi lulusan terbaik itu tidak mudah. Namun Idris membuktikannya. Ini hendaknya jadi motivasi bagi generasi muda di seluruh Solok Selatan, Sumbar dan Indonesia umumnya. Saya sangat terharu, ternyata Idris berasal dari keluarga sederhana. Anak petani yang juga mengajar mengaji bisa sukses menjadi lulusan Akpol terbaik,” ucap Kepala Polres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto. Tak hanya itu, rupanya Idris juga seorang piatu, setelah sang ibu meninggal sejak dia masih sekolah tingkat SD.

Muhammad Idris bersama sang ayah, Dasrial yang hanya seorang petani yang juga guru mengaji. Via krjogja.com

Meski begitu, Idris tak pernah mengeluh. Dia belajar dengan kuat hingga selalu menjadi juara dan mendapat beasiswa semasa sekolah. Tidak heran jika Idris memasang cita-cita setinggi langit, ingin menjadi dokter. Namun, karena arahan sang kakak, Idris akhirnya masuk Akpol karena tidak perlu mengeluarkan biaya. Dia pun bertekad lulus menjadi taruna Akpol supaya tidak memberatkan orangtua. Maklum, sang ayah, Dasrial hanyalah seorang petani yang juga menjadi guru mengaji untuk mencari tambahan belanja. “Saya lihat tekad Idris sangat kuat. Latihan keras dan tidak lupa berdoa usai shalat. Alhamdulillah akhirnya Idris diterima menjadi taruna Akpol,” ungkap Dasrial.

Ternyata kesuksesan Idris tak berhenti sampai di situ. Sang ayah kemudian mendapat kabar bahwa anaknya menjadi lulusan Akpol terbaik 2019. Ucapan selamat berdatangan kepada Dasrial, tak hanya dari keluarga dan tetangga, bahkan juga dari Kepala Polda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal. Kini, Idris pun tengah menunggu untuk bertemu Presiden Joko Widodo, karena dia bersama lulusan Akpol lainnya akan dilantik di Istana Negara pada tanggal 16 Juli 2019 mendatang. Luar biasa ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Enggan Mengakui Kesalahan, Ternyata Zodiak Ini Paling Egois!

Inilah Menu Makanan yang Dipilih Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto dalam Pertemuan Hari Ini