in

Kirin 990 5G, Chip Terbaru dari Huawei, Ini Kelebihannya!

Diklaim lebih baik dari Qualcomm Snapdragon 855

CakapCakap – Perusahaan teknologi raksasa asal Cina, Huawei dikenal sebagai salah satu pihak yang paling serius dalam mengembangkan teknologi jaringan generasi kelima atau jaringan 5G. Cakap People para pecinta teknologi tentu juga sudah mengetahui bahwa sejumlah negara kini sudah bisa menyediakan jaringan 5G bekerja sama dengan Huawei. Seperti membuktikan kemampuan mereka tersebut, Huawei pun telah resmi memperkenalkan chipset 5G terbaru dengan nama Kirin 990 5G.

Huawei resmi memperkenalkan chipset 5G terbarunya, Kirin 990 5G dengan peningkatan signifikan pada optimalisasi teknologi AI dan performa. Via androidpolice.com

Lalu, apa kelebihan dari chipset Kirin 990 5G ini? Dalam teaser yang beredar sebelumnya, Huawei membocorkan bahwa ada peningkatan signifikan, terutama pada optimalisasi teknologi AI (artificial intelligence) maupun peningkatan performa, seperti dilaporkan laman Hitekno.com. Sesuai namanya chipset flagship ini hadir dengan modem 5G yang terintegrasi di dalamnya, dan jadi yang pertama masuk ke pasar. Samsung juga punya chipset seperti itu, Exynos 980 , tapi baru saja diumumkan.

Kirin 990 5G dibangun dengan proses produksi terbaik, yakni 7FF TSMC dengan EUV, dan memiliki kepadatan transistor 20 persen lebih besar dengan lebih dari 10,3 miliar transistor, juga jadi yang pertama di dunia. Proses produksi lanjutannya pun memungkinkan chipset menjadi compact, efisien dan kuat. Huawei pun mengklaim Kirin 990 5G lebih baik dari Qualcomm Snapdragon 855, terutama 10 persen lebih baik dengan sesama single-core. Sedang kinerja multi-core diklaim 9 persen lebih baik. Lalu, efisiensi middle-core 35 persen lebih baik dan efisiensi little-core 15 persen lebih baik.

Huawei mengklaim Kirin 990 5G lebih baik dan lebih efisien dari Qualcomm Snapdragon 855. Via anandtech.com

Chipset ini sendiri memiliki CPU yang gahar, dengan arsitektur octa-core terdiri dari 2x CPU Cortex-A76 yang berjalan pada 2,86 GHz (big-core), 2x Cortex-A76 (middle-core) clock pada 2,36 GHz, dan 4x Cortex-A55 (little-core) pada 1,95 GHz, sehingga mampu mendukung perekaman video 8K pada 30 fps dengan HDR. Teknologinya ini diklaim dapat meningkatkan kemampuan pengurangan noise pada video. Kirin 990 5G pun juga didukung NPU (Neural Processing Unit) yang meningkat pesat dengan arsitektur DaVinci, sehingga mendukung kuantisasi jaringan INT8 dan FP16 yang menawarkan solusi daya lebih baik. Hal ini membuatnya dapat memproses banyak task, namun tetap hemat energi.

Kirin 990 5G sudah dirilis dalam pameran teknologi IFA 2019 di Berlin, Jerman pada tanggal 6-11 September 2019, seperti dimuat dalam laman Okezone.com. Menariknya, chipset ini akan langsung diaplikasikan pada smartphone anyar Huawei Mate 30 yang akan diluncurkan tanggal 19 September 2019. Wah, keren nih, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Hati-Hati! Aplikasi CamScanner di Google Play Store Ternyata Terinfeksi Malware

Siap-siap, 1 Januari 2020 Kenaikan Sebesar 23% Cukai Rokok dan 35% Harga Jual Ecer Diberlakukan!