in ,

Keren! Polisi Australia Pakai Mobil Listrik Tesla Model X untuk Operasional

Kepolisian Fukuoka di Jepang menggunakan mobil listrik Nissan Leaf

CakapCakap – Satuan kepolisian di beberapa negara Barat melengkapi armada patrolinya dengan mobil-mobil mewah nan canggih. Cakap People bisa lihat misalnya, kepolisian di Amerika Serikat yang menggunakan mobil keluaran Ford. Nah, berbeda lagi dengan kepolisian di wilayah Victoria, Australia yang malah memanfaatkan mobil listrik untuk kendaraan operasional petugas mereka. Tak tanggung-tanggung, mobil Tesla Model X Long Range dijadikan unit patroli di jalur bebas hambatan.

Kepolisian Victoria di Australia menggunakan mobil listrik Tesla Model X sebagai kendaraan patroli. Via medcom.id

Kepolisian Victoria pun akan menggunakan mobil listrik tersebut sebagai kendaraan fungsional dan digunakan patroli secara rutin, seperti dilaporkan oleh laman Medcom.id. “Kendaraan ini tak seperti armada mobil polisi Victoria yang pernah ada, dan mobil ini bisa jadi masa depan Patroli Jalan Raya di negara bagian ini, bahkan di negara lain dan dunia,” ungkap Asisten Komandan Polisi Lalu intas Negara Bagian Victoria, Stephen Leane. Sebagai mobil dinas kepolisian, tentu saja tampilannya juga disesuaikan dengan warna institusi, yakni warna hitam dikombinasi warna kuning, biru dan putih.

Sebagai penguat identitas mobil dinas, bagian bumper depan diberi tulisan Police, serta dipasangi lampu strobo di balik kap dan di atap mobil. Pintu sayap khas Tesla Model X tetap dipertahankan, serta diberi aksesori lampu LED warna merah dan biru yang bisa menjadi tanda bagi kendaraan lain saat pintu terbuka. Mobil listrik ini menggunakan motor listrik bertenaga 423 Ps dan torsi mencapai 660 Nm, di mana akselerasi 0-100 km per jam bisa tembus 4,9 detik, dengan kecepatan maksimalnya bisa menyentuh 250 km per jam. Baterainya kapasitas 100 kWh untuk jarak tempuh hingg 440 km.

Kepolisian Fukuoka di Jepang menggunakan mobil listrik Nissan Leaf sebagai mobil dinas sejak 2018. Via detik.com

Sementara itu, Jepang sudah lebih dulu menggunakan mobil listrik, yakni Nissan Leaf yang dijadikan mobil dinas polisi di daerah Fukuoka, seperti dilansir oleh laman Detik.com pada tahun 2018 lalu. Mobil produksi Nissan ini diberi kelir hitam dan putih, serta di bagian atap tersemat lampu sirine. Meski tak disebutkan secara detil, tampaknya mobil mengalami perubahan yang disesuaikan untuk membantu petugas kepolisian bekerja di lapangan, seperti sistem komunikasi dan kabin lebih lebar.

Nissan Leaf sendiri sudah mencapai generasi kedua dengan gaya yang lebih segar dan teknologi baru disertai tenaga lebih besar mencapai 150 PS. Akselerasi 0-100 km per jam bisa ditempuh dalam 8,2 detik. Baterainya berkapasitas 40 kWh untuk daya jelajah hingga 378 km. Keren ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tularkan Virus Positif, Melalui Inspirasi di Jelajah RuBI

Fast and Furios 9 Resmi Memulai Syuting, Inilah Tanggal Rilisnya!