in ,

Keren! Mahasiswa Indonesia Sukses Menjuarai Kontes Robot Dunia di AS

CakapCakap – Prestasi anak-anak muda Indonesia memang tidak bisa dianggap remeh pada tingkat internasional sekalipun. Sejauh ini, cukup banyak para pelajar dari Tanah Air yang bisa mencatatkan prestasi di tingkat dunia. Cakap People tentu juga sudah banyak mengetahuinya. Nah, baru-baru ini tim robotik Indonesia yang diwakili oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jawa Timur berhasil menjuarai kontes robot dunia yang digelar di Amerika Serikat (AS), April 2019.

Tim robotik Universitas Muhammadiyah Malang menjuarai kontes robot dunia di AS. Via longliveindonesia.com

Tim robotik UMM menjuarai ajang ‘Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest’ yang digelar di Trinity College Hartford, AS pada tanggal 13-15 April 2019 lalu, pada dua jenis kategori, yakni Robot Berkaki dengan meraih juara satu dan dua, serta Robot Beroda menjadi juara dua, seperti dilansir laman Merdeka.com. “Kami sangat bangga dengan prestasi mahasiswa ini yang berhasil menjuarai kejuaraan dunia. Kami akan memberikan mereka penghargaan,” ungkap Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Didin Wahidin di Jakarta.

Anggota Tim Robotika UMM itu terdiri atas lfan Achmadillah Fauzi sebagai perancang pemograman, Rohmansyah sebagai perakit perangkat keras, serta Ken Dedes Maria Khunty yang mengurusi bagian mekanik. Tim dari UMM itu menyatakan kunci keberhasilan sebagai tim yang jadi juara dunia adalah koordinasi. “Koordinasi itu harus, terutama dari mas Rohman dan mbak Ken, di awal-awal itu harus sesuai dengan keputusan riset masing-masing,” ungkap seorang anggota tim, Achmadillah Fauzi.

Sebelum berlomba di tingkat internasional, tim robotik Universitas Muhammadiyah Malah sudah lebih dulu menjadi juara nasional. Via jawapos.com

Tim ini sendiri pun juga sudah meraih prestasi di tingkat nasional, sebelum ikut berlomba di tingkat internasional. Sebelum berangkat ke AS, tim Robotika UMM ini menjadi juara satu pada kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dalam gelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemeristekdikti. Setelah jadi juara nasional, mereka pun lalu diberangkatkan ke AS untuk mengikuti kontes robot internasional dan jadi juara dunia.

Tujuan pengiriman juara KRI pada kompetisi Internasional adalah untuk memberikan kesempatan bagi ilmuwan potensial untuk mengasah kemampuannya, dan juga mencapai prestasi dalam tingkat internasional. Keren ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Nonton Avengers: Endgame, Inilah Bahaya Jika Menahan Pipis hingga 3 Jam!

Andalan Paralayang Asal Indonesia Juarai Kompetisi di Turki