in ,

Mau Kuliah di Oxford? Ini Tips dari Ketua Alumni Oxford Indonesia!

CakapCakap – Cakap People pasti kenal dengan Universitas Oxford, salah satu universitas tertua di dunia yang telah berdiri sejak akhir abad ke-11. Tidak sedikit alumni dari salah satu perguruan tinggi terbaik dunia yang telah tersebar di seluruh dunia, dan menempati banyak jabatan paling tinggi di berbagai perusahaan besar. Perguruan tinggi ini sendiri memang dikenal punya standar kualitas yang sangat tinggi, sehingga banyak yang berpikir bahwa konon katanya masuk ke sana tidaklah mudah.

Universitas Oxford dikenal sebagai salah satu universitas tertua dan terbaik di dunia. Via brandsynario.com

Namun, menurut Ketua Perhimpunan Alumni Universitas Oxford Indonesia, Rio Haminoto, anggapan itu tidak sepenuhnya benar, karena malah warga negara Indonesia sangat diperlukan di sana. “Kini, Indonesia telah masuk dalam keanggotaan G20. Menurut saya, potensi mahasiswa Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di Oxford justru semakin terbuka lebar. Oxford saat ini memfokuskan tujuannya pada masyarakat di negara-negara yang memiliki potensi besar, salah satunya Indonesia. Jadi kemungkinan untuk diterimanya sangat besar,” ungkapnya seperti dilansir laman Tempo.co.

Rio pun menyebut syarat masuk Universitas Oxford juga tidak sulit. Hanya saja, potensi yang sama dari para kandidatnya yang menjadikan persaingan tersebut terlihat sukar. “Untuk masuk Oxford sebenarnya sama saja syarat dengan universitas lain. Nilai sekolah yang baik, IELTS atau nilai bahasa Inggris yang memadai dan penulisan esai yang oke. Hanya saja, semua orang punya kapabilitas yang sama. Sehingga yang lebih stands out yang terpilih. Para kandidat harus pandai dalam menuliskan esai. Tidak bisa standar saja. Harus out of the box. Pasti akan dipilih,” kata Rio lagi menambahkan.

Samuel Leonardo Putra, salah seorang mahasiswa Indonesia yang berhasil meraih prestasi terbaik di Universitas Oxford. Via batampos.co.id

Tidak sedikit pula mahasiswa dari Indonesia yang meraih prestasi terbaik selama berkuliah di Oxford. Salah seorang di antaranya adalah Samuel Leonardo Putra yang lulus dengan nilai First Class (IPK setara 3,5-4) plus predikat summa cumlaude di perguruan tinggi Inggris tersebut saat masih berusia 21 tahun pada tahun 2016 lalu, seperti dikutip dari laman Detik.com. Dia pun mengungkapkan rahasia belajar di salah satu kampus nomor satu dunia tersebut. “Kalau di Oxford dan di luar negeri, di AS dan negara maju lainnya, ditekankan self studying (belajar mandiri),” ungkap Samuel pula.

Makanya, Cakap People pun bisa berkuliah di Oxford!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Siap-Siap! Sepeda Motor Klasik BSA Bakal Segera Hadir dengan Mesin 750 cc

Cegah Bau Mulut dengan Lakukan 4 Hal Berikut!