in

Keren! Layanan Pengiriman Lewat Drone dari Google Wing Mulai Beroperasi di Australia

CakapCakap – Teknologi drone memang telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Mungkin ada juga Cakap People yang sudah piawai mengoperasikan drone, bahkan bisa jadi secara profesional untuk kepentingan komersial. Kini, drone sendiri pun memang tidak lagi hanya sekadar hobi. Bahkan, sejumlah perusahaan teknologi kenamaan dunia sudah pula menyediakan layanan ekspedisi atau pengiriman barang dengan menggunakan drone, seperti yang dilakukan oleh Google.

Layanan pengiriman lewat drone milik Google, Wing dari perusahaan Alphabet mulai beroperasi di Australia. Via newatlas.com

Nah, baru-baru ini, perusahaan pengiriman melalui drone milik induk Google Alphabet, Wing telah meluncurkan layanan pengiriman pertama dengan menggunakan drone untuk publik di Canberra, Australia, seperti dilaporkan laman Suara.com. Layanan ini beroperasi secara resmi setelah otoritas penerbangan Australia memberi persetujuan. Untuk operasi awal, sekitar 100 rumah di pinggiran kota Crace, Palerston dan Franklin akan memiliki akses ke layanan tersebut. Namun dalam beberapa bulan, perusahaan ini berencana akan memperluas ke rumah-rumah di Harrison dan Gungahlin.

Layanan pengiriman ini bekerja sama dengan mitra bisnis lokal termasuk kedai kopi hingga apotek untuk mengirimkan produk mereka dengan drone hanya dalam hitungan menit saja. Tapi, layanan drone pengantar barang ini hanya diizinkan terbang antara pukul 07.00 dan 10.00 pada hari Senin hingga Jumat, atau antara pukul 08.00 hingga 20.00 di hari minggu, dan dilarang di atas jalan utama. Tidak hanya itu saja, layanan drone tersebut juga dilarang terbang terlalu dekat dengan manusia.

Layanan pengiriman drone dari Wing bekerja sama dengan mitra bisnis lokal untuk mengirimkan produk dengan drone hanya dalam hitungan menit saja. Via dronedj.com

Layanan drone ini sebenarnya sudah diuji coba di Australia sejak tahun 2014, namun diprotes oleh penduduk sekitar karena suaranya yang berisik, seperti dimuat dalam laman Liputan6.com. Sedang layanan drone dari Google Wing sudah menjalani uji terbang selama setahun terakhir. “Saya merasa terganggu ketika drone mengantarkan paket. Suara drone terlalu berisik seperti suara melengking vacuum cleaner,” ucap salah seorang penduduk ketika menyampaikan protes terkait layanan drone.

Pihak Google Wing pun mengaku bahwa kini mereka akan mengembangkan drone terbaru dengan teknologi suara yang lebih kecil. Sementara layanan saat ini hanya bekerja mengantarkan paket kecil yang sederhana, dan diturunkan di halaman pelanggan dengan seutas tali. Keren ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Luar Biasa! Pesawat Terbesar di Dunia dengan Sayap Sepanjang Lapangan Sepak Bola

Demi Pesta Demokrasi, Suku Polahi Berjuang Melewati Tujuh Sungai