in ,

Keren! Kini Ada Mobil Khusus Pengemudi Gangguan Pendengaran dari Hyundai

CakapCakap – Berbagai teknologi dikembangkan oleh banyak pihak untuk membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan, seperti para difabel. Cakap People pun mungkin sudah pernah melihat kendaraan yang didesain khusus untuk difabel, salah satunya seperti taksi ramah difabel. Namun, dengan bantuan beragam teknologi canggih, maka mereka pun tentu akan bisa pula mengemudikan sendiri kendaraan. Dengan begitu, para difabel bisa hidup lebih mandiri mengurus dirinya sendiri.

Hyundai mengembangkan khusus pengemudi tuna rungu dengan teknologi kecerdasan buatan. Via detik.com

Nah, sekarang pun sudah ada mobil khusus untuk pengemudi tuna rungu yang mengalami gangguan pendengaran diciptakan oleh Hyundai Motor Group, seperti dilaporkan oleh laman Oto.Detik.com. Hyundai sendiri telah menciptakan cara komunikasi untuk orang dengan gangguan pendengaran yang menggabungkan suara internal dan eksternal melalui sarana sentuhan dan visual, sehingga memperluas kebebasan mobilitas untuk semua pengemudi terlepas dari keterbatasan fisik mereka.

Teknologi ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menganalisis pola suara eksternal dan menggunakan dua sistem bantuan mengemudi terpisah yang bekerja bersama bersamaan, yakni Audio-Visual Conversion (AVC) dan Audio-Tactile Conversion (ATC), untuk membantu pengemudi tuna rungu dengan memberikan rasa sentuhan. Setirnya dilengkapi dengan LED multi-warna yang menunjukkan informasi navigasi saat mengemudi. ATC mentransfer data suara jadi getaran melalui setir, memberi tahu pengemudi informasi tentang lingkungan eksternal seperti jarak dari rintangan.

Teknologi mobil ciptaan Hyundai ini sudah diuji coba oleh sopir taksi tunarungu di Seoul, Korea Selatan. Via detik.com

Sejauh ini, memang masih sedikit produsen otomotif dunia mencoba membaca kebutuhan khusus konsumen mereka. Makanya, Hyundai meluncurkan teknologi pintar yang mampu berkomunikasi antara pengemudi dengan gangguan pendengaran dengan mobil, seperti dimuat laman JPNN.com. Dua teknologi canggih yang dipasang mobil memungkinkan konsumen mendapat gambaran visual dan informasi data suara yang kemudian dijadikan getaran, terkait informasi lingkungan sekitar.

Saat ini, mobil ciptaan Hyundai yang dirancang khusus untuk membantu para pengemudi dengan gangguan pendengaran ini pun sudah dalam masa uji. Penguji pertamanya merupakan seorang sopir taksi yang menderita tunarungu di Seoul, Korea Selatan, kota asal dari pabrikan Hyundai sendiri. Semoga mobil khusus para difabel tuna rungu ini juga bisa dipasarkan di Indonesia ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren! Volkswagen Ciptakan Powerbank Mobil Listrik yang Bisa Dipasang di Rumah

Deretan Bubur Khas Nusantara Ini Paling Lezat, Mana Favorit-mu?