in ,

Khusus Penumpang Keterbatasan Fisik, Ada Taksi Ramah Difabel di Jepang!

CakapCakap – Selama ini orang-orang dengan keterbatasan fisik atau kaum difabel akan mengalami kesulitan saat menaiki kendaraan umum seperti taksi. Apalagi mereka yang menggunakan kursi roda membutuhkan bantuan orang lain dan waktu yang lama untuk bisa naik ke mobil, sehingga banyak kasus penolakan yang dilakukan oleh sopir taksi. Cakap People bisa membayangkan betapa sulitnya kondisi mereka. Sehingga, memang sudah sangat dibutuhkan kendaraan umum yang ramah difabel.

Jepang akan menyediakan 10 ribu armada taksi yang mampu mengakomodasi kaum difabel pengguna kursi roda. Via antaranews.com

Nah, untuk itu Jepang pun memperkenalkan armada taksi yang mampu mengakomodasi para kaum difabel pengguna kursi roda pada Senin, 4 Februari 2019, seperti dilansir oleh laman Tempo.co. Taksi ramah difabel itu akan tersedia sebanyak 10 ribu unit sesuai target Pemerintah Kota Tokyo dalam menyiapkan seperlima dari total populasi taksi, sebelum dimulai Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade pada bulan April 2020. Taksi ini diproduksi Toyota Motor Jepang dan mulai dijual bulan Maret 2019.

Menurut Kementerian Transportasi Jepang, sebelumnya untuk menyiapkan akses masuk ke mobil bagi pengguna kursi roda, seorang sopir membutuhkan waktu sekira 15-20 menit dengan melakukan 63 langkah. Kini, dengan taksi ramah difabel akan lebih mudah memasukkan penumpang berkursi roda ke dalam mobil. Sopir taksi hanya memerlukan 24 langkah untuk melayani penumpang berkursi roda dengan waktu hanya tiga menit. Toyota sendiri pun juga berencana menawarkan pada pemilik taksi untuk memodifikasi kendaraan lamanya dengan desain baru yang ramah difabel secara gratis.

Indonesia sudah memiliki taksi ramah difabel sejak tahun 2014 lewat Blue Bird Lifecare Taxi. Via kembaliberjalan.blogspot.com

Menariknya, di Indonesia sudah lebih dulu tersedia taksi ramah difabel sejak tahun 2014 lalu. Seperti dikutip dari laman BlueBirdGroup.com, perusahaan taksi Blue Bird menghadirkan taksi ramah difabel dengan nama Blue Bird Lifecare Taxi yang disiapkan untuk kaum difabel. Blue Bird Lifecare Taxi ini sendiri memang didesain khusus bagi kaum difabel, dan juga termasuk ibu hamil atau yang baru saja melahirkan yang ingin bepergian menggunakan transportasi umum, sehingga tidak sulit untuk naik.

Selain itu, Blue Bird juga menyediakan integrasi antarmoda yang bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para penumpang khusus kaum difabel. Indonesia keren juga ya, Cakap People!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! Lexus LC Convertible Concept Akhirnya Debut, Ini Penampakannya

Kerap Dianggap Sama, Ternyata Ini loh Beda Buah Nangka dan Cempedak!