in ,

Kaum Wanita Wajib Tahu, Ada Banyak Manfaat Senam Kegel Lho!

Manfaat utama senam kegel untuk mengencangkan oto panggul bawah

CakapCakap – Ada banyak sekali jenis olahraga yang punya manfaat besar bagi kaum wanita, salah satunya adalah senam. Nah, Cakap People para wanita juga perlu mengenal dan mengetahui senam kegel yang ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kaum hawa. Senam kegel yang disebut juga senam pelatihan otot panggul bawah memiliki manfaat utama untuk memperbaiki kondisi yang bisa menurunkan kekuatan bagian otot panggul bawah, seperti yang dilaporkan laman AloDokter.com.

Gerakan-gerakan dalam senam kegel akan membantu mengencangkan otot panggul bawah. Via harianbernas.com

Fungsi dan kekuatan otot panggul bawah sendiri dapat mengalami penurunan, akibat persalinan, penuaan, kelebihan berat badan, hingga operasi pada wanita. Gerakan senam kegel ini pun akan membantu untuk mengencangkan otot panggul bawah tersebut. Aktivitas ini pun bermanfaat dalam mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar. Tidak hanya itu saja, senam kegel pun ternyata juga akan membantu menjaga fungsi kontrol otot untuk buang air.

Bagi para ibu hamil, senam kegel bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan. Otot panggul yang kuat dan elastis bisa membantu membuka jalan lahir dalam proses melahirkan. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, senam kegel dapat dilakukan selama kehamilan atau setelah persalinan. Senam kegel yang dilakukan selama masa kehamilan juga akan membantu agar otot panggul tidak melemah dan melebar pasca persalinan, yang bisa pula menyebabkan turunnya rahim.

Senam kegal dilakukan dengan berbaring, lalu kencangkan otot panggul bawah, dan tahan hingga 5 detik. Via riks.bid

Untuk melakukan senam kegel sendiri tidak membutuhkan tahapan dan instruksi yang rumit, atau ruangan dan pakaian khusus. Sebagai langkah awal, senam kegel dapat dilakukan sambil berbaring. Sebelumnya, cari tahu dulu bagian otot panggul bawah dengan mencoba menghentikan keluarnya urine saat buang air kecil. Otot yang menahan air seni itu yang disebut otot panggul bawah. Setelah berbaring, kencangkan otot panggul bawah, namun tetap bernapas santai. Tahan posisi itu hingga 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi lagi sebanyak 4-5 kali, kemudian tingkatkan durasi jadi 10 detik.

Ulangi gerakan tersebut sebanyak tiga kali sehari dengan pengulangan setidaknya sampai 10 kali. Namun, hindari melakukan gerakan ini untuk menahan kencing, karena justru dapat melemahkan otot panggul dan berisiko mengalami infeksi saluran kemih. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gerakan ini sebaiknya memang dilakukan setiap hari. Menariknya, senam kegel ini bahkan dapat dilakukan saat sedang duduk mengetik atau dalam perjalanan. Selamat mencoba ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Luar Biasa! Pesawat Luar Angkasa Jepang Sukses Mendarat di Asteroid untuk Kedua Kali

Marak Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel, Ini 4 Tips Menemukannya Biar Tak Was-was!