in ,

Kanker Mulut: Luka Bukan Satu-satunya Gejala, Perhatikan Tanda-tanda Ini yang Sering Tidak Diperhatikan

Gejala kanker mulut juga dapat berbenturan dengan kondisi lain, oleh karena itu, jika kamu melihat satu atau dua tanda muncul bersamaan, periksakan ke dokter gigi sebelum melanjutkan lebih jauh.

CakapCakapCakap People! Kanker mulut mengacu pada keadaan yang dipicu oleh penggandaan sel-sel kanker yang abnormal dan tidak terkendali di dalam mulut. Ini mengarah pada pembentukan tumor yang dapat menjadi ganas dari waktu ke waktu dan fatal jika tidak didiagnosis dan diobati tepat waktu. Mengutip Times Now News, beberapa penyebab utama kanker mulut meliputi:

Konsumsi tembakau dalam bentuk apapun

1. Merokok
2. Sistem kekebalan tubuh lemah
3. Asupan alkohol berlebih
4. virus papiloma
5. Paparan berlebihan pada bibir terhadap sinar matahari

Ilustrasi. [Foto via Pixabay]

Di mana menemukan gejala kanker mulut?

Kanker mulut dapat terjadi pada bibir, lidah, langit-langit mulut, gusi, dasar mulut, amandel gusi dan kelenjar ludah. Namun, mengenali kondisi ini bisa jadi sulit pada tahap awal karena tidak adanya gejala yang menonjol – namun, untuk pengobatan terbaik, penting untuk mewaspadai gejala umum untuk mencari pengobatan yang tepat waktu dan tepat. Yang paling umum termasuk:

1. Kehilangan gigi
2. Sakit telinga
3. Sakit mulut
4. Kesulitan menelan
5. Menelan menyakitkan
6. Luka mulut atau bibir yang tidak mudah sembuh

Salah satu gejala yang sering terlewatkan adalah munculnya bercak-bercak aneh berwarna merah atau putih di dalam mulut. Ini dapat berkembang di lapisan atau di lidah. Untuk mencermati ini, para ahli merekomendasikan secara teratur memeriksa mulut untuk tanda dan gejala, dan melihat apakah mereka berbenturan dengan gejala umum lainnya yang dijelaskan sebelumnya.

Ilustrasi. [Foto via Pixabay]

Apakah ini gejala kanker mulut eksklusif?

Gejala kanker mulut juga dapat berbenturan dengan kondisi lain, oleh karena itu, jika kamu melihat satu atau dua muncul bersamaan, periksakan ke dokter gigi sebelum melanjutkan lebih jauh. Beberapa di antaranya dapat dipicu oleh infeksi. Namun, jika berlangsung selama lebih dari tiga minggu berturut-turut, periksakan ke dokter gigi terlebih dahulu, terutama jika kamu suka merokok dan mengonsumsi alkohol. Perokok 2,5 kali lebih mungkin terkena kanker mulut.

Solusi manajemen pengobatan kanker mulut adalah diagnosis dini. Jika kondisinya berkembang ke stadium lanjut, itu bisa berpotensi fatal dan sulit untuk diobati. Oleh karena itu, kunjungan rutin ke dokter gigi dianjurkan untuk menangkal risiko kanker.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Angelina Jolie Sebut Negara-negara Muslim ‘Ignorant’ Setelah Film ‘Eternals’ Dilarang Karena Adegan Gay

Ilmuwan Ungkapkan Bahan Bakar Pesawat Bisa Dibuat dari ‘Sinar Matahari dan Udara’