in ,

Kesehatan Mental Meningkat Jika Perempuan Berhenti Total Minum Alkohol

Hal itu terungkap lewat penelitian yang sudah dipublikasikan dalam Canadian Medical Association Journal (CMAJ)

CakapCakap – Perempuan dapat meningkatkan kesehatan mental mereka dengan berhenti total minum alkohol, demikian kata para peneliti medis.

Meskipun rekomendasi bahwa minuman moderat dapat menjadi bagian dari diet sehat, namun, temuan baru ini menunjukkan orang yang sama sekali tidak minum alkohol, memiliki tingkat kesehatan mental tertinggi.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Melansir The Independent, Rabu, 10 Juli 2019, penelitian yang sudah dipublikasikan dalam Canadian Medical Association Journal (CMAJ) ini membandingkan teetotaller (pencatat alkohol) dengan konsumen alkohol moderat — 14 minuman atau lebih sedikit untuk pria dan tujuh atau lebih sedikit untuk wanita.

Mereka yang tidak pernah minum alkohol memiliki tingkat kesehatan mental tertinggi pada awal analisis lima tahun. Dan untuk perempuan peminum, berhenti minum alkohol dikaitkan dengan perubahan yang menguntungkan dalam kesehatan mental masyarakat di Hong Kong dan AS.

Rekan penulis Dr Michael Ni, seorang ilmuwan otak di Universitas Hong Kong, mengatakan bukti itu “menunjukkan kehati-hatian dalam merekomendasikan minuman moderat sebagai bagian dari diet sehat”.

Dr Ni dan rekannya mengatakan berhenti minum alkohol dapat meningkatkan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan secara keseluruhan serta kesejahteraan mental, terutama bagi perempuan.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Timnya melihat 10.386 peserta dari FAMILY Cohort di Hong Kong dan data dari Survei Epidemiologi Nasional tentang Alkohol dan Kondisi Terkait (Alcohol and Related Conditions) — survei yang mewakili 31.079 orang yang dilakukan oleh Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme di AS.

Hasil itu juga setelah memperhitungkan faktor sosial-demografi, BMI (indeks massa tubuh) dan status merokok.

Dr Ni mengatakan: “Konsumsi alkohol global diperkirakan akan terus meningkat kecuali strategi yang efektif diterapkan. Temuan kami menyarankan agar berhati-hati dalam memberikan rekomendasi bahwa minuman moderat dapat meningkatkan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan.

“Sebaliknya, berhenti minum mungkin terkait dengan perubahan yang lebih baik untuk kesehatan mental, mendekati tingkat kesehatan orang yang tidak pernah minum alkohol seumur hidup.”

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Temuan ini akan menimbulkan pertanyaan lebih lanjut tentang berapa banyak jumlah alkohol yang aman dan masuk akal untuk diminum. Kepala petugas medis Inggris menyarankan bahwa paling aman bagi laki-laki dan perempuan untuk tidak minum secara teratur lebih dari 14 unit seminggu, atau sama dengan sekitar enam gelas bir atau enam gelas anggur.

Penelitian lain oleh Universitas Cambridge tahun lalu mengatakan bahwa minum alkohol secara teratur melebihi batas yang direkomendasikan, memiliki dampak buruk bagi kesehatan yang sama dengan seperti merokok.

Mereka memperkirakan orang berusia 40 tahun yang minum dua pints atau gelas anggur sehari melebihi batas yang ditentukan, dapat diperkirakan meninggal dua tahun lebih awal dan dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih tinggi, aneurisma fatal dan gagal jantung.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Menu Makanan yang Dikonsumsi Para Astronot di Luar Angkasa

Salut, Anak Wakil Walikota Ini Berprofesi Sebagai Kuli Bangunan