in

Kamu Sering Unmood? Coba Lakukan Jalan Kaki!

CakapCakap – Rutinitas sehari-hari memang sering menjadikan mood alias perasaan hati naik turun. Nah, bila hal itu terjadi coba bawa tubuh kamu untuk berjalan kaki ya Cakap People. Sebab, menurut sebuah penelitian jalan kaki ternyata bisa menjadikan mood menjadi lebih baik.

Tingkatkan Mood dengan jalan kaki. Via bisnis.com
https://lifestyle.bisnis.com/read/20171001/106/694536/rajin-jalan-kaki-perpanjang-usia

Dilansir dari kompas.com, jalan kaki merupakan salah satu olahraga paling murah. Kamu bisa melakukannya tanpa harus menggunakan alat-alat berat yang tentunya memiliki harga tak murah. Cukup dengan  berjalan kaki dengan jarak tertentu sudah bisa membantu memperlancar proses metabolisme tubuh.

Berdasarkan penelitian di Inggris, membiasakan berjalan kaki selama 10 menit bisa memberikan dorongan semangat untuk memulai aktivitas. Perlu diketahui juga, berjalan kaki ternyata mampu menghasilkan hormon endofrin alias hormon kebahagiaan dalam otak, yang akhirnya kamu pun bisa mengendalikan perasaan menjadi berbunga-bunga, meningkatkan rasa antusias, kegembiraan, sukacita, dan kepekaan. Selain hal itu, berikut merupakan manfaat lain dari berjalan kaki :

1. Membantu Kamu Melawan Depresi

Ilustrasi melawan depresi. Via wartakota.tribunnews.com
http://wartakota.tribunnews.com/2018/12/10/kekurangan-vitamin-d-dapat-meningkatkan-risiko-skizofrenia

Cakap People, ternyata berjalan kaki bisa membantu kamu untuk melawan depresi. Hal ini juga didukung sebuah penelitian yang menyatakan bahwa berjalan kaki secara rutin selama tiga kali per minggu bisa membakar 350 kalori serta terbukti mengurangi gejala depresi hampir efektif dengan obat antidepresan.

2. Mengusir Pikiran Negatif

Mengusir pikiran negatif. Via alodokter.com
https://www.alodokter.com/cara-menghilangkan-pikiran-negatif-agar-hidup-lebih-bahagia

Bagi kamu yang suka berpikir negatif agaknya perlu rutin berjalan kaki ya, sebuah penelitian tentang Perencanaan dan Tata Kota mendapati bahwa orang yang berjalan keliling taman merasa lebih bahagia serta kecemasannya menjadi berkurang dibandingkan dengan mereka yang berjalan kaki dengan jumlah waktu sama namun berada disekitar lalu lintas padat.

Dalam sebuah penelitian selanjutnya, peneliti juga menemukan bila berjalan kaki di ruang hijau bisa membantu kamu untuk mengurangi kecenderungan berpikir negatif dalam hidup. Wah! Perlu banget dicoba deh.

3. Sarana Meditasi

Ilustrasi meditasi. Via grid.id
http://www.grid.id/read/04190241/meditasi-dapat-dilakukan-sambil-berjalan-loh-yuk-intip-apa-aja-manfaatnya?page=all

Selain membantu melawan depresi, dan juga mengusir pikiran negatif, berjalan kaki juga bisa mengurangi stres, hal ini sudah diperkuat dengan adanya sejumlah penelitian. Maka dari itu, mulailah mencoba merubah kebiasaan berjalan kaki sebagai salah satu bentuk meditasi supaya mencairkan rasa kecemasan. Dengan melakukan proses meditasi kecil-kecilan ini kamu pun bisa menghalau stres dari dalam pikiran.

4. Meningkatkan Kadar Vitamin D

Berjalan kaki terutama diluar ruangan ternyata juga mampu meningkatkan kadar vitamin D. Kamu juga harus tahu, jika kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko terkena depresi dan juga gangguan efektif musiman alias sad.

Cakap People, mulai sekarang jangan mager alias males bergerak ya. Sebab berjalan kaki memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kamu. Cobalah keluar ruangan, habiskan waktu di luar ruangan dengan menikmati pancaran sinar mentari, semilirnya angin, dan juga bertemu dengan banyak orang. Dengan begitu kamu yang suka kurang bersemangat bisa mendapatkan suntikan semangat baru. Hal ini akan lebih membahagiakan bila aktivitas fisik ringan ini dilakukan bersama orang tercinta maupun sahabat baik kamu ya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mau Tahu Mobilnya Boros Atau Tidak? Cek dengan Rumus Ini!

Alasan Kamu Bisa Tak Bahagia Berdasarkan Zodiak, Intip yuk!