in ,

Jangan Abaikan! Ini 8 Dampak Buruk Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Tampak sepele, tapi minum sambil berdiri miliki banyak dampak buruk termasuk gangguan saluran kemih

CakapCakap – Minum sambil berdiri? Pikir-pikir lagi deh, Cakap People. Kamu pasti pernah ditegur lantaran minum sambil berdiri bukan? Nah, tahu tidak kalau ternyata teguran tersebut bukan tanpa alasan.

Ada banyak dampak negatif yang bisa kamu alami saat membiasakan diri minum sembari berdiri. Apa iya, Cakap People? Kamu harus simak ulasan berikut ini ya.

1. Tingkat oksigen terganggu

Air yang mengalir dari sistem pencernaan bisa dengan sangat cepat beresiko mengganggu fungsi paru-paru serta jantung. Kondisi ini secara tidak langsung juga akan menganggu tingkat oksigen dalam darah.

2. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan via jawapos.com

Gangguan yang selanjutnya adalah masalah pencernaan. Air yang mengalir langsung ke dalam tubuh akan melewati usus serta menciprat ke dinding perut. Cipratan tersebut bisa merusak sistem pencernaan dalam jangka waktu yang panjang.

3. Pengenceran kadar asam yang terganggu

Selain berguna untuk melengkapi cairan dalam tubuh serta memperlancar sistem pencernaan air juga bermanfaat untuk membuat kadar asam encer di dalam tubuh. Sayangnya, jika dikonsumi secara cepat maka kadar asam dalam tubuh bisa saja sulit untuk diproduksi.

4. Saraf menegang

Ilustrasi saraf tegang via hellosehat.com

Minum sambil berdiri juga bisa berpengaruh pada sistem parasimpatetik. Akan lebih baik jika kamu minum sambil duduk dan lakukan dengan perlahan.

5. Menyebabkan ulser juga heartburn

Konsumsi air minum sambil berdiri bisa membuat air menciprat di kerongkongan bagian bawah dengan keras. Akibatnya, hal ini akan mengganggu kumpulan serabut otot yang bekerja untuk menutup jalur pembukaan alamiah yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat memunculkan sensasi terbakar di area kerongkongan.

6. Gangguan saluran kemih

Gangguan kandung kemih via hellosehat.com

Minum sambil berdiri bisa membuat proses penyaringan yang dilakukan oleh organ ginjal menjadi tidak maksimal. Pada akhirnya saluran kemih bisa saja mengalami gangguan bahkan merusak ginjal jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

7. Beresiko terkena artritis

Konsumsi air sambil berdiri dapat menganggu terjadinya keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Hal ini akan berakibat pada sendi tubuh mengalami penumpukan cairan.

8. Haus yang susah hilang

Ilustrasi minum sembari berdiri via unsplash/ Caleb George

Dampak yang selanjutnya adalah rasa haus yang susah hilang. Hal ini dikarenakan, air yang mengalir akan langsung masuk ke dalam tubuh dan tidak menyumbang nutrisi serta vitamin yang berguna untuk menghilangkan dahaga.

Nah sudah tahu dampaknya sekarang bukan? Hilangkan yuk kebiasan minum sambil berdiri yang mungkin sering Cakap People lakukan!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Konsumsi Makanan Cepat Saji Setara Burger Dapat Menyebabkan Demensia Permanen, Studi Memperingatkan!

Jeff Bezos, Pria Terkaya di Dunia Ini Berbagi Rahasia Suksesnya