in

Inilah Tahun Terburuk Menurut Ilmuwan, Awan Pekat Menyelimuti Bumi Selama 18 Bulan!

CakapCakap – Kalau Cakap People merasa akhir-akhir sebagai tahun buruk karena adanya perubahan cuaca yang begitu ekstrim, maka perlu tahu ada masa di mana sesungguhnya bumi mengalami momen terburuk. Hal ini bukan omong kosong pastinya, karena ilmuwan sudah mengemukakan hal tersebut.

Peristiwa terparah seperti tahun 1349 silam, saat populasi Eropa musnah akibat wabah Black Death hingga virus influenza yang membunuh lebih dari seratus juta orang pada tahun 1918 silam, hal itu masih tak ada apa-apanya dengan kejadian 536 A.D. Pada masa ini, ilmuwan menyebutnya sebagai tahun terburuk yang pernah ada di bumi. Kenapa bisa begitu?

Ilustrasi awan gelap via Unsplash/ Chuttersnap

 

Pada tahun ini abu gunung berapi jatuh d kawasan Asia, Eropa, dan Timur Tengah. Momen ini sampai menciptakan kegelapan di muka bumi hingga 1,5 tahun. Ada banyak dampak yang terjadi seperti suhu menurun, manusia kelaparan hingga meninggal, sampai tanam-tanaman mati.

Hal ini diungkap seorang sejarawan dan arkeolog pemimpin Harvard University Initiative for the Science of the Human Past, “Tahun itu adalah salah satu periode terburuk untuk hidup.”

Akibat awan hitam pekat yang membayangi dunia pada pertengahan abad keenam ini sempat membuat banyak ilmuwan bingung. Namun pada jurnal Antiquites sebuah studi menyebutkan bahwa kegelapan yang terjadi hingga sekian lama di bumi ini ternyata akibat gunung berapi massif di Islandia.

Bahkan letusan pada 540 dan 547 A.D juga memberikan kontribusi adanya abu di awan tersebut. Abu yang ada di awan inilah yang akhirnya menghalangi matahari. Sehingga suhu dingin menyelimuti bumi, sampai-sampai saat musim panas 536 A.D justru di Tiongkok turun salju dengan intensitas 34-36 derajat Celsius, ini jadi awal 10 tahun terdingin dalam 2.300 tahun terakhir, Cakap People. Imbasnyagagal panen dan warga alami kelaparan di masa tersebut.

Awan hitam akibat gunung berapi via Eberhard Grossgasteiger

Masih berkelanjutan, pada 542 A.D bencana masih menyambangi melalui wabah pes atau dikenal dengan wabah Yustinian. Wabah ini mampu menyapu sepertiga populasi Kekaisaran Romawi hingga mempercepat keruntuhannya.

Ngeri kan Cakap People? Kalau sekarang kamu menganggap bumi sedang berada pada masa buruk itu sangat salah. Sudah sepatutnya kita bersyukur dengan kondisi alam saat ini, pasalnya ini jauh lebih baik situasinya daripada tahun yang mengerikan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Unik! Awal Muncul Jadi Sajian Mewah, Rupanya Begini Sejarah Es Batu di Tanah Air

Kebenaran Nenek 65 Tahun Asal Sidrap Meninggal Sebulan Usai Dinikahi Brondong, Ini Faktanya!