in

Inilah Pendapat BJ Habibie tentang Alien dan Bumi Datar

“Tidak. Kita kan tahu persis Bumi itu bulat,” jawab Habibie.

CakapCakapCakap People! Alien dan teori bumi datar sempat ramai menjadi perbincangan beberapa waktu lalu. Ada yang tidak percaya, tapi ada juga yang mempercayai hal tersebut. Lalu, apa pendapat BJ Habibie mengenai kedua hal itu? Apakah beliau termasuk yang percaya akan keberadaan alien dan teori bumi datar?

Presiden Indonesia ke-3, Baharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie, sempat bicara mengenai alien dan teori bumi datar. Pria jenius di bidang teknologi pesawat terbang ini berbicara tentang alien dan bumi datar di channel YouTube Najwa Shihab.

Ekspresi mantan Presiden RI Ke-3 B.J Habibie dan presenter Najwa Shihab saat acara Mata Najwa di Kampus Unhas Makassar, 30 Agustus 2014. (Foto: TEMPO/Hariandi Hafid)

Video yang diunggah pada 22 Desempber 2017 lalu itu berjudul “Eyang Habibie Menjawab Soal Pesawat, Bumi Datar, dan Alien” yang merupakan salah satu konten Catatan Najwa. Najwa membacakan pertanyaan yang diajukan warganet melalui media sosial Instagram.

“Saya ingin bertanya, apakah eyang percaya kehidupan di luar bumi selain manusia (alien)? Terima kasih. Salam cinta dan hormat untuk eyang Habibie dan Mbak Najwa,” kata Najwa membacakan pertanyaan dari akun @Pransienda.

“Eyang percaya sama alien?” Najwa mengulang kembali pertanyaan. Habibie langsung menyambut pertanyaan dengan lugas, “Sampai sekarang tidak ada bukti dari sudut ilmu pengetahuan, bahwa planet di sekitar kita ada kehidupan. Kondisi juga tidak memungkinkan. Entah itu suhu terlalu tinggi, tidak ada cairan, atau terlalu dingin. Paling menguntungkan itu di Bumi.”

Dalam video berdurasi 10 menit 31 detik itu Habibie menjelaskan, Bumi adalah planet yang paling nyaman. Bumi, kata dia, terlindungi medan magnet yang bisa menolak radiasi kosmos dan sinar ultraviolet yang membahayakan manusia.

“Jadi karena tidak ada bukti, eyang tidak percaya?” Najwa kembali bertanya. Dan Sang Profesor menjawab, “Tidak percaya.”

Najwa kemudian membacakan pertanyaan yang kedua. Kali ini pertanyaan tentang teori bumi datar. 

“Assalammualaikum eyang, mau nanya. Eyang percaya sama teori bumi datar gak?” kata Najwa mengutip pertanyaan dari akun Instagram @Rezhara.

Mendengar itu, Habibie tergelak. “Apa maksudnya?” Kemudian Najwa mempertegas pertanyaan: “Bumi datar, Eyang. Flat earth,” kata Najwa.

“Tidak. Kita kan tahu persis Bumi itu bulat,” jawab Habibie.

Video BJ Habibie ini telah ditonton lebih dari 1,8 juta kali. Dengan lebih dari 44 ribu orang yang menyukai dan mendapat lebih dari 3.000 komentar.

TEMPO

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Oppo Reno 2 Series Hadir dalam 3 Varian, Ini Daftar Lengkap Spesifikasinya!

Pakar Informatika Indonesia Membangun Startup di Jerman, Siapa dia?