in ,

Inilah Fakta Menarik Greenland Milik Denmark yang Membuat Donald Trump Ingin Membelinya

Greenland yang merupakan bagian wilayah Arktik, ternyata menyimpan kekayaan alam yang belum tereksplorasi.

CakapCakapCakap People! Presiden Amerika Serikat Donald Trump membatalkan rencana kunjungannya ke Denmark setelah Perdana Menteri Denmark menolak gagasan Donald Trump untuk membeli Greenland.

View this post on Instagram

The sea ice in Northern Greenland is a place where you can experience the magical winter dogsledding, however it is also a workplace for local fishermen and hunters. – 📸 @ulannaqingemann_photography – Thank you for sharing this rare image of a hunter in Uummannaq dogsledding home – #greenlandpioneer #dogsledding #uummannaq #greenland #visitgreenland #seaice #hunter #inuit

A post shared by Visit Greenland (@visitgreenland) on

Dilansir dari TIME, Kamis, 22 Agustus 2019, Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen menyebut gagasan Trump membeli wilayah Denmark adalah “sebuah diskusi yang tidak masuk akal” setelah Trump menyampaikan keinginannya tersebut.

Trump mengatakan bahwa gagasan untuk membeli Greenland hanyalah sebuah candaan saat banyak orang yang mencibirnya, bahkan ia mengunggah sebuah foto yang menampilkan gedung pencakar langit Trump yang membayangi sebuah desa kecil di wilayah Arktik, dengan caption: “Aku berjanji tidak akan melakukan ini pada Greenland,” candanya Senin.

Lantas, apa yang membuat Donald Trump ingin membeli kawasan Greenland yang dimiliki oleh Denmark ini? Berikut adalah fakta menarik seputar Greenland, seperti dikutip dari BBC, Kamis, 22 Agustus 2019.

Minyak dan gas yang berlimpah

Greenland adalah bagian dari Arktik. Diperkirakan 13% dari cadangan minyak dunia yang belum ditemukan serta 30% cadangan gas dunia yang belum ditemukan berada di bawah Arktik.

Greenland juga diyakini memuat sumber mineral yang kaya, seperti batubara, zinc, tembaga, dan bijih besi.

Fakta ini berkaitan dengan Trump.

Pada Maret 2017, Trump menandatangani surat perintah kepada setiap wilayah AS untuk melonggarkan aturan soal bahan bakar fosil sehingga dapat ditambang, digali, dan digunakan di AS.

Donald Trump tidak percaya bahwa perubahan iklim merupakan ancaman sehingga memutuskan menarik AS keluar dari Kesepakatan Paris pada 2017.

Real estat

Donald Trump gemar mengoleksi properti. Adapun Greenland punya banyak lahan kosong dan, faktanya, Greenland adalah wilayah yang paling jarang penduduk.

Terdapat sekitar 56.500 orang yang bermukim di lahan seluas 2,1 juta kilometer per segi.

Sebagai perbandingan, Inggris dihuni 67,5 juta orang, meskipun luas lahannya sembilan kali lebih kecil.

Meski demikian, ada kendala kalaupun Trump bisa mendirikan Trump Tower di Greenland. Sebanyak 75% Greenland ditutupi lapisan es permanen.

Barter wilayah?

Meski keinginan Trump membeli Greenland disebut “gagasan yang tak masuk akal”, tetapi gagasan membeli Greenland tidak muncul saat ini saja.

Presiden AS Harry Truman pernah menawarkan 100 juta dolar AS kepada Denmark untuk mendapatkan Greenland pada 1946.

Bahkan, sempat digelar perundingan untuk menukar sebagian wilayah Alaska dengan sebagian wilayah Greenland.

Ketika Trump ditanya apakah dia berminat menukar kawasan AS dengan kawasan Denmark, Trump berkata “banyak hal yang bisa dilakukan.”

Sayangnya, Denmark sudah menegaskan bahwa Greenland tidak untuk dijual!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tak Sesulit Bayangan, Resep Bolu Kukus Coklat Nikmat Ini Mudah Dibuat

Google tak usah dicari

5 Hal Yang Tidak Perlu Dicari di Google