in ,

Inilah 3 Fakta Tentang Kebakaran Hutan di Australia

Kebakaran hutan dan rawa terparah Australia terjadi pada Februari 2009.

CakapCakapCakap People! Pemerintah Australia memperingatkan kawasan pantai timur menghadapi ancaman musibah kebakaran lahan pada Selasa, 12 November 2019.

Pemerintah Australia telah memerintahkan evakuasi, penutupan sekolah dan kampus pada Selasa karena ada kekhawatiran api akan menjalar lebih luas ke dekat lokasi aktivitas warga.

Sebuah feri lewat di depan Kawasan Pusat Bisnis ketika asap dari kebakaran hutan menyelimuti Sydney, Australia, 11 November 2019. [REUTERS / Stephen Coates]

Berikut ini adalah tiga poin mengenai fakta kebakaran lahan di Australia seperti dilansir dari Reuters:

1. Tingkat Ancaman

Pemerintah meluncurkan pemeringkatan kebakaran lahan pada 2009 menyusul kebakaran lahan Black Saturday atau Sabtu Hitam, yang menewaskan 173 orang.

Pemerintah mengumumkan situasi darurat pertama kalinya pada Senin 11 November 2019 untuk Sydney. Petugas memperingatkan Sydney bakal mengalami kenaikan suhu hingga 37 derajat Celsius dengan hembusan angin kuat.

Komisioner Pemadam Kebakaran NSW, Shane Fitzsimmons, mengatakan kebakaran dianggap sebagai bencana saat ada orang yang tewas. Menurut dia, tidak ada rumah yang tahan api atau kondisi ini.

Kota Sydney merupakan kota terpadat di Australia dengan 5 juta populasi, yang dikelilingi oleh area luas rawa-rawa. Sebagian rawa-rawa ini berdekatan dengan area pemukiman warga.

2. Pohon Eukaliptus

Suhu udara yang tinggi dan rendahnya tingkat hujan membuat kawasan rawa ini kerap terbakar dari waktu ke waktu. Pohon alami di sana seperti eukaliptus bisa membuat api bertambah besar karena pohon mengandung minyak.

3. Penyebab

Penyebab kebakaran bisa berupa kilatan petir hingga manusia, yang sengaja membuang puntung rokok sembarangan.

Menurut lembaga ilmiah Australia tindakan pembakaran hutan terkontrol bisa menjadi solusi. Ini dilakukan petugas dengan sengaja membakar lahan kering tertentu agar tidak terjadi kebakaran liar, yang tidak terkendali.

Petugas pemadam kebakaran di New South Wales, Australia, berusaha memadamkan kebakaran lahan. [Reuters]

Kebakaran hutan dan rawa terparah Australia terjadi pada Februari 2009. Insiden ini disebut sebagai Black Saturday dan terjadi di negara bagian Victoria. Sebanyak 173 orang tewas dalam kebakaran itu.

Kebakaran ini menyebabkan tidak hanya rumah hancur tapi juga tewasnya hewan ternak dan rusaknya habitat hewan serta mengurangi kesuburan tanah selama beberapa dekade. Cadangan air juga menjadi tercemar debu dan pohon yang terbakar di Australia.

REUTERS | TEMPO

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Yuk Cegah Bekas Jerawat Muncul dengan Konsumsi Makanan Sehat Berikut Ini!

Salah Konsumsi, 4 Makanan Ini Bisa Jadi Pemicu Kematian Mendadak