in ,

Ini Dia Panduan Olahraga yang Aman Dilakukan Bagi Pengidap Gejala Maag!

Tips melakukan olahraga yang aman bagi pasien maag

CakapCakap – Maag merupakan salah satu penyakit yang susah-susah gampang untuk disembuhkan. Terlebih apabila Cakap People sudah mengidap maag kronis, pasti harus lebih berhati-hati kala mengatur pola makan. Dispepsia atau maag adalah sekelompok gejala mulai dari nyeri di bagian atas, diikuti oleh sendawa, perut kembung, mual, rasa ingin muntah hingga seperti terasa terbakar di bagian perut.

Gejala itu umumnya akan dialami oleh orang yang memiliki refluks asam lambung GERD atau gastroesophageal reflux disease. Kondisi yang demikian umumnya akan terjadi pada orang yang punya berat badan berlebih. Sehingga dokter mungkin akan meminta pasien untuk menurunkan berat badan. Salah satu caranya tentu dengan olahraga, namun tidak sembarang aktivitas fisik yang dilakukan. Sebab salah-salah asam lambung bisa naik. Begini panduan olahraga yang disarankan!

1. Usahakan untuk makan dulu

Pilih menu sarapan yang tepat via Marketeers.com

Makanan merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagi penderita maag, maka disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum olahraga. Sebab cara tersebut cukup ampuh guna mencegah asam lambung naik. Tetapi kamu harus tetap memilih jenis makanan yang disantap. Jangan mengonsumsi makanan maupun minuman seperti: buah asam, makanan berminyak, berlemak, pedas, alkohol, soda hingga kopi. Selain itu makan dengan tenang dan kunyah secara benar. Hindari untuk makan secara terburu-buru sebab dapat membuat asam lambung naik.

2. Tentukan olahraga yang tepat

Jangan pilih aktivitas fisik yang berat via Pegipegi.com

Supaya olahraga bisa berjalan dengan lancar, maka sebaiknya kamu memilih olahraga yang tepat. Hindari untuk memilih jenis olahraga yang menekan bagian perut secara berlebihan. Jangan melakukan aktivitas fisik yang dapat menghalangi jalannya fungsi otot sfingter esofagus atau kerongkongan bagian bawah, gerakan membungkuk hingga melawan gravitasi untuk waktu yang lama. Cobalah untuk melakukan olahraga seperti berenang, jalan santai hingga angkat beban namun dalam posisi berdiri.

3. Jangan lewatkan pemanasan

Lakukan pemanasan agar terhindar dari cedera via Medcom.id

Pemanasan adalah salah satu aktivitas yang sering diabaikan oleh orang-orang yang hendak berolahraga. Padahal dengan pemanasan selama 5 hingga 10 menit bisa membantu kamu terhindar dari cedera loh! Selain itu, pilih pakaian olahraga yang tepat. Jangan yang terlalu ketat sebab bisa memberikan tekanan di area perut. Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi air putih selama melakukan olahraga. Tetapi jangan berlebih hingga menyebabkan perut kembung ya.

Itu dia beberapa panduan olahraga yang bisa Cakap People lakukan ketika memiliki riwayat maag atau sedang mengalami gejalanya. Apabila kamu ragu hendak memilih alternatif olahraga seperti apa, maka jangan enggan untuk berkonsultasi pada dokter ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

AS Selenggarakan Pelatihan Bahasa Inggris Tanggap Bencana untuk ASEAN

Sudah Putus Namun Mantan Masih Menghubungi? Ini Sebabnya!