in

Ini Deretan Industri yang Bakal Direvolusi Blockchain

Kamu tidak bisa mengelak dari perkembangan teknologi, gaes. Mau tidak mau, kamu harus beradaptasi dengannya. Meski kamu tidak menggunakan berbagai perangkat yang berhubungan dengan teknologi tinggi dalam kehidupan sehari-hari, penting sekali buat kamu untuk mengetahui prinsip dasar atau cara kerja teknologi tersebut. Ini merupakan persyaratan minimum yang harus kamu penuhi mengingat teknologi tumbuh dan berkembang di semua belahan dunia.

Salah satu alasan mengapa kamu harus mengerti perkembangan teknologi adalah karena perkembangan tersebut mempengaruhi banyak bidang. Segala bentuk produk dan jasa pun dibuat menurut perkembangan teknologi itu sendiri. Kalau tidak demikian, bisa dipastikan industri tersebut bakalan gulung tikar.

Di antara sekian banyak perkembangan teknologi, yang paling baru adalah teknologi blockchain. Secara singkat, teknologi ini merupakan sebuah sistem pencatatan digital yang digunakan untuk mencatat berbagai transaksi dengan aman. Tak ayal lagi, teknologi ini dipastikan akan mengubah cara kerja bisnis di seluruh dunia. Dan, berikut adalah deretan industri yang paling merasakan dampak terbesar dari keberadaan blockchain.

Politik

Pada masa lalu maupun sekarang, begitu ada hubungannya dengan perhitungan suara saat pemilihan umum, banyak partai atau kubu yang saling tuding melakukan kecurangan. Baik yang menang maupun yang kalah sama-sama menuduh pihak lawannya curang. Hal itu tidak akan terjadi lagi berkat keberadaan blockchain. Mengapa begitu? Karena blockchain akan menyimpan berbagai data para pemilih dan memproses data tersebut mulai dari tahapan pendaftaran atau registrasi, verifikasi identitas dan juga menghitung suara yang diberikan dengan pertimbangan bahwa hanya mereka yang sah secara hukum saja yang boleh mengikuti pemungutan suara.

Blockchain sebuah sistem pencatatan digital yang digunakan untuk mencatat berbagai transaksi dengan aman via https://innovacionchilena.cl/wp-content/uploads/2018/02/blockchain-technology-block-chain-bitcoin-distributed-ledger-750×375.jpg

Perbankan

Teknologi blockchain bisa dipastikan mampu menyelesaikan berbagai persoalan pelik yang dihadapi industri perbankan dewasa ini. Hingga detik ini, pihak bank menyimpan uang para nasabah di bank mereka. Tidak hanya itu, mereka juga mengurus hingga proses transfer sekalipun. Blockchain memiliki sistem yang aman yang mampu mencatat jutaan transaksi yang berlangsung di sektor perbankan setiap harinya. Dengan begitu, penanganan uang lebih mudah dan uang bisa ditransfer dengan ongkos lebih murah dan lebih cepat berkat mekanisme desentralisasi yang disediakan oleh blockchain.

Startup

Salah satu yang dicari startup adalah investor. Dan, sembari menemukan investor yang tepat, mereka harus berupaya keras menjaga keamanan ide mereka. Nah, kebutuhan semacam ini dapat dengan mudah dipenuhi oleh teknologi blockchain. Berkat blockchain, para founder startup dapat membuat ringkasan produk dan jasa mereka untuk kemudian dipelajari oleh para calon investor dengan mudah dan cepat. Tak hanya itu, proses tender maupun pendanaan pun bisa dilakukan secara aman dan nyaris tidak melibatkan proses manual sekalipun.

Hukum

Teknologi blockchain juga berguna untuk bidang hukum karena bisa digunakan untuk menyimpan data dan dokumen. Berkat teknologi ini, urusan seputar warisan, misalnya, tidak akan menimbulkan masalah berkepanjangan karena semua data dan dokumentasi bisa disediakan dalam waktu cepat dengan tingkat keabsahan yang bisa dipertanggungjawabkan. Di sini, berkas warisan yang disimpan di blockchain dapat dengan mudah dan cepat diverifikasi. Sembarang dokumen yang masuk pun menjalani autentifikasi untuk kemudian disimpan. Mau ngotot seputar warisan atau peninggalan keluarga tidak lagi semudah jaman dahulu, ketika orang bisa mengklaim seenaknya tanpa memerlukan bukti yang sah.

Video

Pada tahun 2021 diperkirakan lalu lintas Internet bakal dipenuhi oleh video, yang prosentasenya mencapai 82 persen. Di sinilah teknologi blockchain berperan karena mampu menyediakan platform desentralisasi infrastruktur video. Dari hasil perhitungan, mekanisme desentralisasi encoding video, penyimpanan dan distribusi konten video akan mengurangi ongkos lalu lintas video hingga 30 miliar dolar AS, lho. Tak hanya itu, teknologi blockchain membuat akses ke video secaa digital menjadi sangat cepat tanpa mengurangi kualitas video itu sendiri.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Suku Oni, Suku dari Sulawesi Selatan yang Masih Misterius

Yuk, Liburan Akhir Pekan di Lembah Hijau Rumbia Makassar!