in

Huawei P40 Segera Meluncur, Bakal Gunakan Dual Boot Android dan HarmonyOS

Diperkirakan dirilis dalam 4-5 bulan ke depan atau awal 2020

CakapCakap – Cakap People para pecinta teknologi tentu saja mengetahui soal perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan Cina. Alhasil, Huawei menjadi salah satu yang merasakan dampak dari perang dagang ini, karena mereka dimasukkan dalam daftar hitam oleh Departemen Perdagangan AS, sehingga Google mulai membatasi kerja sama dengan perusahaan asal Shenzhen, Cina tersebut. Namun, Huawei melakukan inovasi, salah satunya akan hadir dalam Huawei P40.

Huawei P40 akan menjadi smartphone flagship pertama dari Huawei yang menggunakan dual boot Android dan HarmonyOS. Via gearbest.com

Ponsel Huawei P40 akan menjadi smartphone flagship terbaru sekaligus yang pertama dari Huawei dengan dukungan dual boot sistem operasi Android, dan HarmonyOS yang baru dikembangkan oleh perusahaan tersebut, seperti dilansir di laman HiTekno.com. Konsep dual booting pada smartphone premium memang belum populer. Namun, ini dilakukan Huawei setelah masuk daftar hitam, sehingga tak bisa melakukan sertifikasi perangkat terbaru dengan lisensi Google. Akses Huawei hanya tersedia melalui lisensi Android Open Source Project (AOSP). Selain itu, disediakan HarmonyOS secara gratis.

Kedua sistem operasi ini sendiri akan independen satu sama lain, dengan set aplikasi dan file yang memiliki ruang khusus. Dengan strategi ini, pengguna akan dapat merasakan apa yang dibawa sistem operasi terbaru tersebut. Huawei memang telah mengembangkan sistem operasi ini, yang disebut OS HongMeng di Cina atau HarmonyOS secara global. Saat ini, sistem operasi HarmonyOS sendiri sudah diaplikasikan di beberapa televisi milik Honor, sebelum kini akan dipakai pada smartphone.

Huawei P40 diperkirakan akan dirilis dalam 4-5 bulan ke depan, tepatnya pada awal 2020. Via t3.com

Terkait dengan Huawei P40, smartphone premium terbaru itu diperkirakan akan segera meluncur dalam waktu beberapa bulan ke depan. Seperti yang telah diketahui, Huawei P30 dirilis pada bulan Maret 2018 lalu. Jika berdasarkan siklus tahunan, maka Huawei P40 akan meluncur sekitar empat hingga lima bulan ke depan. Namun beberapa leaker telah memprediksi bahwa peluncuran Huawei P40 ini kemungkinan akan lebih cepat, di mana diperkirakan pada awal tahun 2020 mendatang.

Sementara, CEO Huawei Technologies Consumer Business Group, Richard Yu pun mengaku optimis bahwa HarmonyOS akan dapat bersaing dengan sistem operasi buatan Apple, iOS dalam dua tahun ke depan. Apabila diwujudkan, Huawei P40 bisa menjadi smartphone flagship pertama yang akan menjadi pertaruhan nasib Huawei di sektor smartphone ke depannya. Menarik nih, Cakap People!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Generasi Baru BMW X1 Resmi Meluncur, Harga Cuma Rp 700-an Juta Lho!

Gaming Smartphone Terbaru, Vivo iQoo Neo 855 dengan Harga Terjangkau