in

Hati-Hati! Ada 15 Aplikasi Android yang Diam-Diam Simpan Adware

Keberadaan aplikasi ini bisa menguras baterai hingga membuatnya rusak

CakapCakap – Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store untuk digunakan pada ponsel cerdas atau smartphone berbasis sistem operasi Android. Tidak sedikit pula yang merupakan aplikasi gratis, sehingga bisa diunduh dan digunakan tanpa menggunakan biaya. Cakap People pun pastinya menggunakan banyak aplikasi pada ponselnya. Tapi, kamu harus berhati-hati jika ingin mengunduh aplikasi gratis, karena saat ini ada banyak aplikasi Android yang diam-diam menyimpan adware.

ShophosLab asal Inggris menemukan 15 aplikasi Android yang mengandung adware. Via cnnindonesia.com

Lembaga riset asal Inggris, ShophosLab menemukan 15 aplikasi Android yang mengandung adware itu di Google Play Store, seperti dilansir oleh laman CNBCIndonesia.com. Ke-15 aplikasi itu sendiri diketahui sudah diunduh lebih dari 1,3 juta kali. Adware akan membuat banyak iklan tampil secara otomatis dan tiba-tiba di ponsel. Tidak hanya menganggu, iklan-iklan itu pun juga akan membuat baterai ponsel akan lebih cepat habis dan lebih cepat panas, dan bahkan hingga merusaknya karena overheating. Ikon aplikasinya sendiri tak akan bisa ditemukan, karena bersembunyi di launcher.

“Jika kamu merasa aplikasi yang baru saja di-install bermasalah, ketuk Pengaturan (Setting), dan lalu Application & Notification. Aplikasi paling baru dibuka akan muncul dalam daftar paling atas pada halaman ini. Jika salah satu menggunakan ikon Android generik [yang terlihat seperti siluet Android biru kehijauan] dan memiliki nama terdengar generik [seperti ‘Back Up’, ‘Update’ atau ‘Time Zone Service’], ketuk ikon ‘Force Stop’ dan diikuti dengan ‘Uninstall’,” demikian keterangan ShoposLabs.

Aplikasi mengandung adware itu bersembunyi di ikon seperti ‘Back Up’, ‘Update’ hingga ‘Time Zone Service’. Via alluremedia.com.au

Salah satu di antara aplikasi itu adalah Flash on Calls & Messages. Aplikasi ini menunjukkan notifikasi palsu yang menyebut layanan error ketika diluncurkan di ponsel, dengan menyatakan aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat. Kemudian aplikasi akan membuka Google Play Store dan membawa pengguna ke Google Maps untuk mengelabui dan seolah-olah aplikasi itu yang jadi penyebabnya.

Aplikasi lainnya adalah Read QR Code, Imagine Magic, Generate Elves, Savexpense, QR Artifact, Find Your Phone: Whistle, Scavenger — speed guard, Auto Cut Out Pro, Background Cut Out, Photo Background, ImageProcessing, Background Cut Out New, Auto Cut Out, dan Auto Cut Out 2019. Hati-hati ya, Cakap People!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Sering Dihindari, Ketahui Deretan Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Tubuh Berikut

Mengenal Aplikasi Laut Nusantara, Aplikasi Khusus untuk Bantu Nelayan Indonesia