in ,

Genius! Ide-Ide Startup Unicorn ini Berawal dari Hal ‘Receh‘

CakapCakapCakap People! Sebuah ide besar biasanya lahir dari hal hal kecil dan sederhana dan manfaatnya dirasakan oleh banyak orang. Ide-ide itu biasanya malah dianggap sepele, remeh, bahkan tak terfikirkan oleh banyak orang sebelumnya. Tapi tanpa disadari bahwa jajaran startup unicorn yang ada saat ini berawal dari hal-hal kecil tersebut.

Startup Unicorn hadir dengan ide yang dianggap ‘receh’ dan sepele.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengapresiasi ide para founder startup unicorn di Indonesia yang dianggapnya mengubah sesuatu yang “receh” menjadi sebuah emas. Ide-ide receh tersebut membuat para perusahaan ini bisa memiliki status unicorn atau bisnis dengan valuasi US$1 miliar.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati. (Credit : Instagram @smindrawati)

“Mereka ini yang tadinya memikirkan yang Anda tidak pikirkan. Ternyata jadi bisnis. Mereka menghubungkan yang tadinya anda anggap sepele, yang kecil dan ternyata kalau skala bisnisnya ditingkatkan bisa jadi miliar dan triliun,” kata Sri Mulyani di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Rabu (27/2), seperti dikutip dari CNN.

Ciptakan startup unicorn-mu mulai dari sekarang.

Ia mencontohkan salah satu platform pembayaran Gopay yang disebut awalnya melakukan survei terhadap perilaku belanja ibu-ibu arisan. Survei ini kemudian dilakukan untuk menganlisis perputaran uang ibu-ibu peserta arisan.

Ide juga harus dibarengi dengan ketelatenan. (Credit : Shutterstock)

“Saya lihat Gojek, Gopay, mereka kerjaannya nongkrongin ibu-ibu arisan. Mereka hanya ingin tahu dengan putaran duit yang kecil. Hanya untuk arisan, beli panci, itu mereka perhatikan detil. Karena setiap rupiah beredar itu artinya bisnis dengan mereka,” ucapnya.

Usaha sukses itu dengan melakukan hal-hal yang tak difikirkan oleh orang lain. (Credit : Shutterstock)

Sri Mulyani mengatakan ide  juga harus diiringi dengan ketelatenan. Ia mengatakan segala usaha sukses bisa dimulai dengan cara memerhatikan hal-hal kecil yang seringkali dilewatkan orang.

Sri Mulyani menjelaskan peran pemerintah adalah menyediakan kesamaan level playing field sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk membangun usaha rintisan. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur jaringan dari Sabang sampai Merauke.

Mulailah dengan startup unicorn kamu sendiri.

So, Cakap People! Kapan kamu memulai startup unicorn kamu sendiri?

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wajib Coba! 5 Makanan Ini Ampuh Mengatasi Asam Lambung

Alasan Mengapa Pria Enggan Menjalin Komitmen Denganmu, Apa Saja?