in ,

Era Mobil Listrik di Indonesia, Mercedes-Benz Siap Luncurkan Mobil Sedan Full Listrik

Sebelumnya Mercedes-Benz sudah menghadirkan mobil hybrid di Tanah Air

CakapCakap – Pergerakan dalam industri kendaraan listrik Indonesia bergerak cepat seiring dengan diterbitkannya regulasi khusus berupa Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur soal kendaraan listrik di Tanah Air. Seperti yang Cakap People ketahui juga, sejumlah merek sudah mulai memasuki persaingan dengan menghadirkan beberapa model mobil listrik andalan masing-masing. Pabrikan asal Jerman, Mercedes-Benz pun mengaku sudah siap untuk meluncurkan mobil sedan full listrik.

Mercedes-Benz siap untuk menghadirkan mobil full listrik di Indonesia. Via sindonews.com

Mercedes-Benz Distributon Indonesia (MBDI) menyatakan tetap akan mengandalkan mobil listrik jenis sedan sebagai tulang punggung penjualan mereka, termasuk di Tanah Air. Namun, hingga saat ini mereka memang masih menunggu peraturan turunan dari Perpres Nomor 55 tahun 2019 tentang elektrifikasi kendaraan bermotor sebelum meluncurkan beberapa model mobil listrik andalannya. “Kita tetap pasti bawa sedan, karena itu backbone, dan mungkin juga mobil SUV, pertumbuhannya bagus. Tapi kita belum putuskan tipe apa saja,” ungkap Deputy Director Sales Operation & Product Management MBDI, Kariyanto Hardjosoemarto, seperti dilansir oleh laman Tempo.co, baru-baru ini.

Kariyanto pun menyebut bahwa pihaknya memang masih menunggu peraturuan turunan tentang kendaraan listrik, karena diketahuinya nanti akan ada program regulasi tersendiri untuk Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). “Ada program tersendiri yang akan diatur lebih lanjut dengan Peraturan Menteri Perindustrian secara detail. Jadi kita tunggu, dari situ kita akan pertimbangkan, tipe mana yang akan kita bawa ke Indonesia,” kata Kariyanto lagi menambahkan info soal rencana mereka.

Mercedes-Benz E 300e EQ Power resmi meluncur di GIIAS 2019 sebagai mobil hybrid pertama mereka yang dijual di Indonesia. Via inilah.com

Meski begitu, Kariyanto menegaskan bahwa pada dasarnya mereka sudah siap menjual mobil full listrik di Indonesia. Namun, pihaknya memang masih menunggu kepastian yang lebih detail terkait regulasi kendaraan berbasis tenaga baterai ini di Tanah Air. “Training mekanik, fasilitas dealer, itu sudah kami persiapkan dan sudah banyak yang menanyakan mana mobil full listrik Mercy,” ujarnya.

Sejauh ini MBDI sendiri sudah memasarkan satu model mobil listrik di Indonesia, yakni Mercedes-Benz E 300e. Mobil ini merupakan varian Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), sehingga lebih dikenal sebagai mobil sedan hybrid, yang diperkenalkan ke publik pada ajang GIIAS 2019 lalu. “Kalau full listrik belum ada, tapi secara global sudah ada seperti [Mercedes-Benz] EQC,” pungkas Kariyanto. Jadi, sabar dulu ya, Cakap People!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Indahnya Tari Jaipong dalam Perhelatan Festival Dance Around The World London

Mazda MX-30, Mobil Listrik Pertama dari Mazda Berbasis e-Skyactiv