in

Eits, Ternyata Beras Tak Bisa Bantu Keringkan Ponsel Basah loh!

Beras memiliki daya serap air lebih rendah dari silica gel

CakapCakap – Pernahkah Cakap People dengar soal ponsel yang basah karena air bisa dimasukkan ke dalam beras untuk mengeringkannya? Atau mungkin pernah juga melakukannya? Langkah ini dilakukan untuk membuat ponsel kembali hidup setelah sebelumnya tak mau menyala usai kena air.

Cara yang satu ini sebenarnya hanya dilakukan oleh beberapa pengguna saja dan kebetulan berhasil. Lantas, hal ini membuat banyak orang percaya dan mengikutinya. Nah, jika saat ini kamu masih juga percaya dengan cara yang satu ini, ada baiknya untuk segera menghentikannya. Kamu harus tahu jika tim iFixit baru-baru ini telah melakukan penelitian terkait dengan tips yang satu ini.

Hp berada dalam air via selular.id

Gazelle, yang merupakan salah seorang pekerja di iFixit menyatakan jika beras memiliki tingkat penyerapan cairan yang ternyata cukup buruk. Dari semua bahan yang telah disebutkan di Internet, maka beras merupakan bahan yang paling lemah dalam melakukan penyerapan air.

“Beras merupakan bahan yang terburuk dari tujuh pilihan yang telah kami uji. Beras menyerap air paling sedikit dalam rentang waktu 24 jam, masih kalah dengan silika gel, pasir kotoran kucing, oatmeal instant, oatmeal klasik juga nasi instan,” ujar Gazelle pada kutipan Tek.id.

Gazelle juga mencatat jika penggunaan spons yang berada di udara terbuka memiliki kesempatan pengeringan yang jauh lebih baik. Menurutnya, solusi terbaik untuk menangani ponsel yang basah adalah dengan membuka bagian-bagian dari perangkat dan mengeringkannya di udara. Setidaknya cara yang satu ini dianggap lebih baik jika dibandingkan harus menggunakan beras.

Sementara menurut Jessa Jones yang juga merupakan ahli reparasi iPad dan iPhone berpendapat jika peralatan elektronik yang basah karena terendam air dapat menciptakan terjadinya korosi terlebih di bagian sambungan elektronik.

Ponsel diletakkan dalam beras via medium.com

“Korosi dapat terjadi cepat saat ponsel menyentuh air. Terkadang, korosi juga mengenai komponen penting, kadang juga tidak. jika kita tidak menghidupkan telepon sampai mengering di meja, di kantong beras ataupun dimanapun iti, terkadang kita beruntung,” ujarnya.

Jika ponsel kamu terendam air, kamu bisa segera mematikannya. Selanjutnya lepas baterai untuk menghindari tingkat kerusakan pada ponselmu.

Nah, jika Cakap People mengalami hal tidak beruntung seperti ponsel masuk ke dalam air, kamu bisa cari cara lain yang lebih baik selain memasukkan si ponsel basah ke dalam beras demi menghidupkannya lagi ya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wanita Menstruasi Dilarang Donor Darah, Benarkah? Inilah Penjelasannya

Bocah 13 Tahun Asal Indonesia Ini Berhasil Mendaki Gunung Tertinggi Afrika