in ,

Duh, Salju Puncak Jaya Papua Akan Mencair dan Menghilang Dalam Waktu 10 Tahun

Studi yang berjudul “Disappearance of the last tropical glaciers in the Western Pacific Warm Pool (Papua, Indonesia) appears imminent” ini telah diterbitkan di situs PNAS pada Senin, 9 Desember 2019.

CakapCakapCakap People! Sebuah studi yang diterbitkan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) mengungkapkan bahwa gletser atau salju Puncak Jaya Papua, Indonesia, akan mencair dan menghilang dalam sepuluh tahun.

“Gletser di dekat Puncak Jaya, Papua, Indonesia, gletser tropis terakhir di Western Pacific Warm Pool, baru-baru ini mengalami laju kehilangan lapisan es yang cepat dan peningkatan laju penipisan 5,4 kali lipat,” menurut laporan lembaga studi AS, seperti dikutip Sputnik News, Minggu, 15 Desember 2019.

View this post on Instagram

Salju Abadi Jaya Wijaya di Indonesia diprediksi akan Hilang . Puncak Jayawijaya menjadi satu-satunya tempat di Indonesia yang diselimuti dengan salju. Puncak tertinggi di Indonesia yang berada di Taman Nasional Laurentz, Papua, ini juga menjadi incaran para pendaki gunung di berbagai belahan dunia. Jayawijaya sendiri merupakan satu dari tiga pada salju daerah tropis yang ada di dunia. Namun sayangnya, salju tersebut diprediksi tidak akan abadi. Wah, jadi kapan kesini? sebelum hilang dan mencair😢 . Sumber video : CNN Indonesia . #ayodolan #ayodolaninfo #ayodolanpapua #puncakjayawijaya #papua

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Studi yang berjudul “Disappearance of the last tropical glaciers in the Western Pacific Warm Pool (Papua, Indonesia) appears imminent” ini telah diterbitkan di situs PNAS pada Senin, 9 Desember 2019.

Lonnie Thompson, salah satu penulis studi ini mengatakan bagian terendah selimut salju Papua akan menjadi yang pertama menghilang. “Lapisan salju itu ibarat ‘burung kenari di tambang batu bara,'” katanya.

Donaldi Permana, peneliti BMKG yang menyusun penelitian ini, mencatat bagaimana mencairnya gletser tropis merupakan cerminan langsung kenaikan suhu akibat pemanasan global.

“Gletser tropis sebagian besar lebih kecil, sehingga waktu respons mereka terhadap variasi perubahan iklim lebih cepat dibandingkan gletser dan lapisan es yang lebih besar,” papar Permana. Faktanya, gletser di Papua diyakini telah berkurang sekitar 85% selama beberapa puluh tahun terakhir.

View this post on Instagram

Tempat wisata di Papua yang wajib dikunjungi: 5. Puncak Jaya Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4.884 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia. (Sumber Wikipedia) Ini buat para pendaki nih, jangan jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga punya loh gunung bersalju. Walaupun agak ekstrim, tetapi inilah wisata terbaik yang ditawarkan Papua untuk seluruh warga Indonesia. #sako_papua #papua #papuabarat #papuankri #nkri #indonesia #viral #jayapura #sorong #ambon #makassar #manado #bali #surabaya #yogyakarta #mataram #bandung #jakarta #medan #palembang #puncakjaya #puncakjayawijaya

A post shared by Papua, Indonesia 🇮🇩 (@sako_papua) on

“Situasi telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan karena pembentukan es tidak lagi terjadi – hanya resesi gletser … Gletser berada dalam bahaya menghilang dalam satu dekade atau kurang,” tambah Permana.

Menurut para peneliti dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), pencairan gletser atau salju Puncak Jaya Papua telah dipercepat oleh fenomena El Nino.

SPUTNIK NEWS  | TEMPO

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Film Jumanji: The Next Level Berhasil Mengumpulkan USD19,4 Juta Pada Penayangan Perdana

8 Hal Cerdas yang Dilakukan Oleh Semua Chef Hebat di Dapur