in ,

Antartika Mencetak Rekor Suhu Terpanas 18,3 Derajat Celsius

“Mencairnya gletser-gletser ini, kamu tahu, berarti kita dalam masalah besar ketika akan naik ke permukaan laut.”

CakapCakapCakap People! Benua Antartika mencatat suhu terpanas. Termometer stasiun penelitian Argentina menunjukkan suhu 18.3 derajat Celsius, mengalahkan rekor sebelumnya dengan selisih 0.8 derajat Celsius.

Pembacaan suhu itu diambil di Esperanza di ujung utara semenanjung benua. Besaran suhu ini mengalahkan rekor 17.5C Antartika sebelumnya, yang ditetapkan pada Maret 2015.

Badan Meteorologi Argentina mengungkapkan rekor suhu Antartika itu pada hari Jumat, 7 Februari 2020 melalui Twitter. Data stasiun kembali ke tahun 1961.

Tingginya suhu tersebut sedang diverifikasi oleh Organisasi Meteorologi Dunia PBB (WMO).

“[Ini] bukan sesuatu yang biasanya Anda kaitkan dengan Antartika, bahkan di musim panas,” kata juru bicara WMO Clare Nullis kepada wartawan di Jenewa, seperti dilansir dari BBC, Sabtu, 8 Februari 2020.

Semenanjung Antartika — wilayah yang mengarah ke Amerika Selatan — adalah salah satu tempat yang mengalami pemanasan paling cepat di bumi, memanas hampir 3C selama 50 tahun terakhir, menurut Badan Meteorologi Dunia (WMO). Sebesar 87 persen gletser di kawasan itu telah mencair.

WMO menambahkan bahwa mencairnya gletser tersebut terjadi lebih cepat dalam 12 tahun terakhir akibat pemanasan global.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa pemanasan global menyebabkan begitu banyak pencairan di Kutub Selatan, akhirnya akan hancur — menyebabkan permukaan laut global naik setidaknya tiga meter (10 kaki) selama berabad-abad.

Ilustrasi Antartika. [Foto: Pixabay]

Nullis menambahkan: “Jumlah es yang hilang setiap tahun dari lapisan es Antartika meningkat setidaknya enam kali lipat antara 1979 dan 2017.

“Mencairnya gletser-gletser ini, kamu tahu, berarti kita dalam masalah besar ketika akan naik ke permukaan laut.”

Sementara suhu 18.3C adalah rekor untuk benua Antartika, rekor di wilayah Antartika yang lebih luas — yang meliputi benua, pulau, dan lautan yang berada di zona iklim Antartika — adalah 19,8C, yang terjadi pada Januari 1982.

Juli 2019 lalu, wilayah Arktik mencapai rekor suhu 21C, terjadi di ujung utara Pulau Ellesmere di Arktik Kanada.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ini Dia Potret Kakak & Adik yang Kompak Berkarier Jadi Artis, Kamu Pasti Tahu!

Wah, Zodiak Ini Paling Perfeksionis loh! Siapa Saja?