in

Di Indonesia, Separuh Pengguna Internet belum Pernah Berbelanja Online

CakapCakap – Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dalam menggunakan teknologi internet. Akses internet yang memadai pun sudah masuk di hampir seluruh kawasan di Indonesia. Dengan gadget masing-masing, seluruh masyarakat bisa dengan mudah mengakses internet untuk mencari informasi dan menjalin hubungan dengan orang di jarah yang jauh. Selain itu, tidak dipungkiri juga akses internet meningkatkan pengguna fasilitas belanja online atau e-commerce. Dengan adanya internet, banyak toko atau tempat jualan yang memanfaatkannya dengan membuat toko online. Semua orang di berbagai tempat di Indonesia dan dunia pun bisa mengakses toko tersebut secara cepat. Apakah semua pengguna internet di Indonesia sudah pernah berbelanja online?

Belanja Online
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ86uN6KOK6CpaxuFP07WpqEl-0B9UAvSHEjUy0wDbyghhaXeww

Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) baru saja melakukan survei yang ditujukan kepada seluruh pengguna internet seluruh Indonesia. Dari hasil survey yang dilakukan, disimpulkan bahwa ada separuh atau tepatnya 53,4 persen pengguna internet di Indonesia yang belum pernah berbelanja online. Sementara itu, pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 171,17 juta pengguna dari total 264,16 juta penduduk. Hasil survei ini tentunya bisa dijadikan bahan pengembangan toko online di Indonesia, bagi para pegiat bisnis di berbagai bidang penjualan.

Masih dari hasil survey yang dilakukan oleh APJII, platform e-commerce atau toko online di Indonesia yang paling digandrungi saat ini adalah Shopee. Dari seluruh platform, Shopee dikunjungi sebanyak 11,2 persen dari total seluruh pembeli online di Indonesia. Setelah Shopee, Bukalapak menyusul di peringkat kedua dengan angka 8,4 persen, kemudian Lazada di angka 6,7 persen, dan Tokopedia di angka 4,3 persen.

Belanja Online
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRtFfaUN2NsuJGRgBbnjbAhShgPjrCB9uHv2t9RrZI43brhAcf6

Metode survei yang dilakukan adalah menggunakan sampel sebanyak 5.900 pengguna internet yang berasal dari seluruh Indonesia. Pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara dan bantuan sebaran kuesioner. Survei ini dilakukan mulai 9 Maret hingga 14 April 2019, dengan menggunakan bantuan dari Lembaga Riset Polling Indonesia. Dengan hasil survei yang sudah muncul tersebut, seluruh pegiat bisnis online harus bisa memanfaatkan potensi pengembangan bisnisnya di dunia internet yang sudah semakin menjamur.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tak Hanya Minum Air Putih, Begini Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Dianjurkan!

Kecewa, Hampir 800.000 Penggemar “Game of Thrones” Tandatangani Petisi Pembuatan Ulang Season 8