in ,

Deretan Tokoh Indonesia Ini Punya Darah Tionghoa loh, Salah Satunya Jadi Presiden!

CakapCakap – Perayaan tahun baru Imlek memang seolah sudah menjadi budaya yang rutin dilaksanakan di Indonesia tiap tahunnya. Umumnya perayaan berikut memang sangat kental dengan nuansa etnis Tionghoa, sebab yang merayakan kebudayaan ini memanglah bangsa Tiongkok. Tetapi tak ada salahnya jika Cakap People juga ikut memeriahkan perayaan berikut. Sebab terdapat cukup banyak etnis Tionghoa yang mendiami Indonesia.

Pertama kali bangsa Tiongkok membina hubungan dengan orang Indonesia melalui jalur perdagangan. Lambat laun hubungan itu berkembang, hingga akhirnya banyak dari orang-orang etnis Tionghoa yang menikah dengan masyarakat dari negara kita. Dari pernikahan tersebut akhirnya lahirlah keturunan yang berdarah Indonesia-Tionghoa. Maka dari itu, terdapat pula beberapa tokoh Nasional yang memiliki darah Tionghoa. Nah, siapa saja mereka?

1. Lie Eng Hok

Pemimpin pemberontakan di Banten via Historia.id

Apa kamu kenal tokoh yang satu ini? Ia merupakan tokoh yang dikenal sebagai sosok Perintis Kemerdekaan di masa pergerakan kala melawan Belanda. Bahkan Lie Eng Hok dikenal sebagai seorang pemimpin pemberontakan pada 1926 silam di Banten.

2. Laksamana Muda TNI (Purn) John Lie

Tokoh Nasional berdarah Tionghoa via Tagar.id

Berikut adalah tokoh Nasional yang mengawali hidupnya sebagai seorang pelaut. Awalnya ia ikut dalam kapal dagang Belanda sebelum akhirnya bergabung dengan Kesatuan Rakyat Indonesia Sulawesi. Pasca bergabung, Laksamana Muda TNI (Purn) John Lie atau yang juga sering disapa Jahja Daniel Dharma ini kemudian menjadi seorang Kapten di Angkatan Laut Indonesia.

3. Djiaw Kie Song

Pemilik rumah peristiwa Rengasdengklok via News.okezone.com

Masih ingat dengan peristiwa Rengasdengklok? Peristiwa tersebut mungkin tidak akan pernah terjadi tanpa adanya campur tangan dari seorang Djiaw Kie Song. Di mana ia rela menjadikan rumahnya guna tempat penyanderaan Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta. Peristiwa tersebut didalangi oleh para tokoh pemuda, seperti Adam Malik, Chaerul Saleh hingga Sukarni. Peristiwa berikut terjadi pada 16 Agustus 1945. Sebenarnya Djiaw Kie Song hanyalah seorang petani biasa  yang berdomisili di Dusun Bojong, Rengasdengklok, Karawang.

4. Abdurrahman Wahid

Memiliki darah Tionghoa via Infobiografi.com

Pasti kamu sudah cukup familiar bukan dengan sosok tokoh yang satu ini? Beliau adalah presiden keempat di negara kita. Abdurrahman Wahid atau yang biasa disapa Gus Dur ini sempat menyatakan jika ia punya darah Tionghoa. Di mana ia mempunyai garis keturunan yang berasal dari Tan Kim Han yang menikah dengan Tan A Lok dan merupakan saudara dari Tan Eng Hwa atau Raden Patah. Berbekal dari sebuah riset, ternyata Tan Kim Han ialah sosok yang dikenal sebagai seorang yang bernama Syekh Abdul Qodir Al-Shini.

Itulah beberapa tokoh Nasional yang ternyata punya darah Tionghoa Cakap People. Sehingga kita wajib menghargai dan menghormati apa yang telah beliau lakukan demi bangsa kita. Salah satu caranya dengan menjaga kerukunan antar bangsa dan budaya yang ada. Kendati berbeda budaya namun kita tetap satu. Jadi, tetap hargai budaya yang ada ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ekspor Toyota Indonesia Terus Naik, Ini Mobil Paling Laris di Luar Negeri!

Mau Menambang di Bulan, Apa yang Dicari Badan Antariksa Eropa?