in ,

Bukan Jokowi Atau Prabowo, Inilah Sosok Paling Dicari di Google Indonesia Selama 2019!

Trending search ini juga berdasar peningkatan paling signifikan dari tahun sebelumnya

CakapCakap – Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto bisa dibilang jadi dua sosok yang paling banyak dibicarakan di Indonesia sepanjang tahun 2019, seiring persaingan kedua tokoh politik itu di ajang Pemilihan Presiden RI (Pilpres) 2019 lalu. Cakap People mungkin juga termasuk pendukung salah satu dari mereka. Keduanya terus mendapat sorotan, bahkan meski Pilpres 2019 sudah selesai, termasuk ketika Jokowi dan Prabowo malah akrab dalam beberapa kesempatan, hingga akhirnya Prabowo masuk dalam kabinet menteri pilihan Jokowi pada periode kedua pemerintahannya kini.

Ternyata bukan Jokowi atau Prabowo yang menjadi tokoh paling dicari di Google sepanjang 2019. Via suara.com

Namun, ternyata Jokowi atau Prabowo masih jauh kalah tenar dari sosok yang satu ini di halaman pencarian Google pada tahun ini. Pasalnya, mereka bahkan sama sekali tak masuk dalam daftar 10 tokoh paling populer di Google. Jokowi dan Prabowo kalah dari Nadiem Makarim yang jadi sosok yang paling dicari di Google Indonesia selama tahun 2019, seperti dilansir JawaPos.com. Dia adalah eks founder sekaligus CEO Gojek, yang baru terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Menurut Head of Marketing Indonesia, Filipina and SEA NBU Google, Veronica Utami, bisa jadi nama Nadiem mencuat setelah dirinya dipilih sebagai Mendikbud oleh Presiden Jokowi di bulan Oktober 2019 lalu. Dia menjelaskan, ini berdasarkan penelusuran yang trending, di mana terjadi kenaikan signifikan secara berkelanjutan dibanding tahun 2018. “Artinya jumlah penelusuran untuk Nadiem itu meningkat. Relevansi dengan dia yang jadi menteri? Bisa jadi, karena itu merupakan peristiwa yang paling berkaitan dan berbeda tahun ini terhadap tokoh yang bersangkutan,” ungkap Veronica.

Jokowi dan Prabowo kalah tenar dari Nadiem Makarim yang jadi sosok paling dicari di Google Indonesia selama 2019. Via kompas.com

Selain itu, ada banyak faktor yang berkaitan dengan orang yang bersangkutan yang dapat membuat seseorang atau topik tertentu bisa mencuat sebagai pencarian populerdalam Google. “Ada berita, ada peristiwa yang berkaitan dengan orang yang bersangkutan yang membuat orang tertarik untuk mencari tahu, kenapa sih dia,” kata Veronica. Dia pun menegaskan bahwa trending search ini bukan hanya berdasar topik yang paling banyak dicari saja, melainkan ada peningkatan paling signifikan.

Setelah Mendikbud Nadiem Makarim, ada BTS, Edhy Prabowo, BlackPink, Wishnutama, Thareq Kemal Habibie, Reino Barrack, Syahrini, Sandiaga Uno, Wiranto yang masuk dalam 10 sosok atau tokoh paling dicari dalam halaman pencarian Google Indonesia tahun 2019. Cakap People pernah mencari siapa dia Google?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Hobi Membaca, Ini Dia Deretan Buku Favorit yang Dibaca Barack Obama di 2019

Inilah 12 Ruas Jalan di Makassar yang Ditutup pada Malam Tahun Baru