in ,

Bukan Air Putih, Ternyata Inilah Minuman Terbaik Untuk Hidrasi

Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan Universitas St Andrews di Skotlandia yang membandingkan respons hidrasi dari beberapa minuman yang berbeda.

CakapCakapCakap People! Saat kamu haus dan membutuhkan minuman, minuman apa yang paling baik untuk menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi?

Tentu saja, kamu selalu bisa meraih segelas air putih — tetapi H20 alias air biasa ternyata bukan minuman yang paling melembabkan atau menghidrasi. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan Universitas St Andrews di Skotlandia yang membandingkan respons hidrasi dari beberapa minuman yang berbeda.

Dilansir dari CNN, Kamis, 26 September 2019, para peneliti menemukan bahwa air putih — baik diam maupun berkilau — melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk menghidrasi tubuh dengan cepat, tetapi minuman dengan sedikit gula, lemak atau protein melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menjaga kita terhidrasi lebih lama.

Mengapa demikian? Alasannya adalah berkaitan dengan bagaimana tubuh kita merespons minuman, demikian menurut Ronald Maughan, seorang profesor di Sekolah Kedokteran St. Andrews dan penulis penelitian. 

Salah satu faktornya adalah volume minuman yang diberikan: Semakin banyak kamu minum, semakin cepat minuman tersebut mengosongkan cairan dari perut kamu dan diserap ke dalam aliran darah, di mana ia dapat mengencerkan cairan tubuh dan menghidrasi kamu.

Faktor lain yang mempengaruhi seberapa baik minuman menghidrasi berkaitan dengan komposisi nutrisi minuman. Misalnya, susu ternyata lebih banyak menghidrasi daripada air putih karena mengandung gula laktosa, protein dan lemak, yang semuanya membantu memperlambat pengosongan cairan dari perut dan menjaga hidrasi terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama. Susu juga mengandung natrium, yang bertindak seperti spons dan menahan air dalam tubuh dan menghasilkan lebih sedikit urin.

Hal yang sama dapat dikatakan untuk solusi rehidrasi oral yang digunakan untuk mengobati diare. Mereka mengandung sejumlah kecil gula, serta natrium dan kalium, yang juga dapat membantu meningkatkan retensi air dalam tubuh.

Inilah deretan peringkat minuman yang paling menghidrasi.

Tim peneliti di Universitas St Andrews menguji 13 minuman umum untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap hidrasi. Inilah yang mereka temukan.

Berikut adalah peringkat minuman dari yang paling banyak diminum dan menghidrasi selama empat jam hingga yang paling sedikit menghidrasi.

1. Susu skim

2. Solusi rehidrasi oral (seperti Pedialyte atau Liquid I.V.)

3. Susu penuh lemak

4. jus jeruk

5. soda

6. Diet Cola

7. Teh dingin

8. Teh

9. Minuman olahraga

10. Masih air

11. Air soda

12. Lager

13. Kopi

“Studi ini memberi tahu kita banyak hal yang sudah kita ketahui: Elektrolit — seperti natrium dan kalium — berkontribusi terhadap hidrasi yang lebih baik, sementara kalori dalam minuman menghasilkan pengosongan lambung yang lebih lambat dan oleh karena itu pelepasan buang air kecil yang lebih lambat,” kata Melissa Majumdar, seorang ahli diet terdaftar, pelatih pribadi dan juru bicara Akademi Nutrisi dan Dietetika yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Gula secukupnya

Tapi di sinilah sulitnya: Minuman dengan gula yang lebih terkonsentrasi, seperti jus buah atau cola, tidak selalu menghidrasi seperti minuman rendah gula lainnya. 

Mereka mungkin menghabiskan sedikit lebih banyak waktu di perut dan mengosongkan lebih lambat dibandingkan dengan air biasa, tetapi begitu minuman ini masuk ke usus kecil, konsentrasi tinggi gula mereka akan diencerkan selama proses fisiologis yang disebut osmosis.

Proses ini pada dasarnya “menarik” air dari tubuh ke usus kecil untuk mencairkan gula yang terkandung dalam minuman ini. Dan secara teknis, apa pun di dalam usus ada di luar tubuh kamu.

Jus dan soda tidak hanya kurang menghidrasi, tetapi menawarkan gula dan kalori ekstra yang tidak akan memenuhi kita sebanyak makanan padat, jelas Majumdar. 

Jika pilihannya antara soda dan air putih untuk hidrasi, pilihlah air putih setiap waktu. Bagaimanapun, ginjal dan hati kita bergantung pada air untuk membuang racun dalam tubuh kita, dan air juga memainkan peran penting dalam menjaga elastisitas dan kelenturan kulit. Ini adalah pelembab termurah yang akan kamu temukan.

Meskipun tetap terhidrasi adalah penting — hal ini membuat sendi kita tetap terlumasi, membantu mencegah infeksi, dan membawa nutrisi ke sel kita — dalam kebanyakan situasi orang tidak perlu terlalu khawatir tentang bagaimana menghidrasi minuman mereka.

“Jika kamu haus, tubuhmu akan menyuruhmu minum lebih banyak,” kata Maughan. 

Tetapi bagi atlet yang berlatih dengan serius dalam kondisi hangat dengan kehilangan keringat yang tinggi, atau bagi seseorang yang fungsi kognitifnya mungkin terpengaruh secara negatif dengan bekerja berjam-jam tanpa istirahat minum, hidrasi menjadi masalah kritis.

Bisakah bir dan latte membuat seseorang terhidrasi?

Alkohol bertindak sebagai diuretik, yang menyebabkan kamu mengeluarkan lebih banyak urin, jadi ketika datang ke minuman beralkohol, hidrasi akan tergantung pada volume total minuman. 

“Bir akan menghasilkan lebih sedikit kehilangan air daripada wiski, karena kamu mengonsumsi lebih banyak cairan dengan bir,” kata Maughan. “Minuman beralkohol yang kuat akan membuat dehidrasi, minuman beralkohol encer tidak akan.”

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Senam Ringan Setelah Bangun Tidur untuk Atasi Double Chin, Ayo Coba!

cara hilangkan stres

5 Cara Asyik Dan Efektif Untuk Menghilangkan Stres