in ,

Bolehkah Berolahraga Saat Hamil? Perhatikan Hal Ini Buat Para Bunda!

CakapCakap – Olahraga memang sangat penting bagi manusia, terutama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Oleh karena itu, makanya olahraga harus dilakukan secara rutin dan teratur. Cakap People sendiri pun pasti punya jadwal olahraga sendiri, di sela-sela padatnya aktivitas sehari-hari. Lalu bagaimana dengan para ibu hamil? Tak sedikit ibu hamil yang jadi takut untuk berolahraga, karena risiko bisa keguguran. Nah, bagi para bunda yang sedang hamil, bisa memperhatikan hal ini.

Melakukan olahraga secara teratur selama kehamilan bisa membantu para ibu hamil untuk tetap sehat. Via tempo.co

Sebenarnya, melakukan olahraga secara teratur selama kehamilan malah bisa membantu para ibu hamil untuk tetap sehat, seperti dimuat dalam laman HaiBunda.com. Olahraga yang teratur juga bisa berguna untuk memperbaiki postur tubuh ibu hamil, dan mengurangi beberapa ketidaknyamanan, seperti sakit punggung dan kelelahan. Selain itu, juga bisa mencegah diabetes gestational pada saat kehamilan, menghilangkan stres, hingga meningkatkan stamina yang dibutuhkan untuk persalinan.

American College of Obstetrics and Gynecolog merekomendasikan 30 menit atau lebih latihan ringan per hari bagi ibu hamil. Namun, sebelum memulai olahraga selama kehamilan, sebaiknya konsultasi dengan dokter atau bidan. Jika sudah terbiasa berolahraga sebelum hamil, maka harus melanjutkan rutinitas tersebut dalam porsi sedang. Tapi, jika belum pernah olahraga secara teratur sebelumnya, ibu hamil akan lebih aman memulai program olahraga setelah berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Selain itu, jangan pernah mencoba aktivitas baru yang lebih berat selama masa kehamilan.

Ada baiknya sebelum memulai program olahraga, para ibu hamil berkonsultasi dulu dengan dokter atau bidan. Via alodokter.com

Berolahraga di masa kehamilan sendiri merupakan salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan janin dan memperoleh persalinan yang lancar, seperti dijelaskan di laman AloDokter.com. Menjaga kehamilan bukan berarti para ibu hamil tidak boleh banyak bergerak, atau hanya beristirahat saja sepanjang hari. Kehamilan memang dapat membuat ibu hamil merasa lebih lelah dari biasanya, dan menyebabkan punggung menahan beban yang ekstra. Oleh karena itu, tubuh yang aktif justru akan mendatangkan banyak manfaat bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan, sehingga bisa lebih sehat.

Berjalan kaki adalah olah tubuh yang aman bagi ibu hamil. Pilihan lainnya adalah yoga dan pilates khusus untuk ibu hamil, yang dapat melatih kekuatan dan kelenturan otot. Berenang dan bersepeda statis juga jadi aktivitas yang bermanfaat dan menyenangkan. Selamat berolahraga Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Olahraga Rutin Atau Tidur Cukup, Mana yang Lebih Penting Bagi Tubuh?

Penderita Asma Ingin Berolahraga? Bisa, Ikuti Saja Tips Berikut