in ,

5 Keadaan Urgent Ibu Hamil Harus Segera Periksa ke Dokter, Tidak Boleh Ditunda!

Pendarahan hingga pecah ketuban jadi kondisi bumil yang harus segera ditangani dokter

CakapCakap – Selama masa kehamilan, Cakap People sebaiknya lebih peka terhadap kondisi kesehatan sendiri. Jika ada beberapa gangguan kesehatan atau kondisi tertentu yang sekiranya bisa berpengaruh pada si buah hati, maka bisa segera berkunjung ke dokter kandungan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

Nah, berikut ini ada beberapa kondisi yang sebaiknya segera ditindaklanjuti dengan berkunjung ke dokter ya.

Pendarahan

Ilustrasi seorang ibu hamil via jalansehat.info

Pertama adalah  saat terjadi pendarahan. Jika ibu hamil mengalami pendarahan atau keluar bercak darah saat mengandung, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Karena ditakutkan, jika hal ini bisa memberi pengaruh yang buruk pada janin di dalam kandungan.

Janin yang pasif

Gerakan janin di dalam perut menimbulkan perasaan bahagia tersendiri bagi seorang ibu hamil. Dan sebagai ibu hamil, kamu harus tahu kapan janin mulai aktif bergerak. Janin akan aktif bergerak saat usianya mencapai 20 minggu. Pada usia ini, ibu telah merasakan gerakan-gerakan kecil yang di dalam perut. Namun jika ibu merasakan janin pasif bergerak, akan lebih baik jika ibu segera periksakan diri ke dokter ahli kandungan.

Kram perut terus-menerus

Ilustrasi wanita dalam kondisi hamil besar via fimela.com

Kondisi yang selanjutnya adalah kram perut yang terjadi secara terus menerus dan menimbulkan rasa sakit. Hal yang satu ini bisa saja terjadi karena masalah kesehatan. Segera lakukan pemeriksaan jika ibu hamil mengalami kram perut sebelum tanggal prediksi melahirkan.

Nyeri hebat di bagian punggung

Rasa nyeri yang hebat di bagian punggung juga harus diwaspadai. Hal ini bisa saja terjadi karena masalah kesehatan yang berpengaruh juga pada keselamatan janin ibu hamil. Nyeri punggung juga bisa menjadi salah satu gejala karena adanya masalah ginjal ataupun kandung kemih.

Air ketuban yang pecah

Ilustrasi ibu hamil via doktersehat.com

Segera lakukan pemeriksaan jika air ketuban pecah sebelum waktunya. Akan lebih baik jika kamu segera mencari tahu dan lakukan yang terbaik agar ibu dan janinnya selamat.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, pastikan untuk segera melakukan pengecekan jika ada yang tak biasa terjadi pada tubuhmu ya, Cakap People. Apalagi ini bukan hanya menyangkut kesehatanmu sendiri, melainkan juga janin dalam rahim.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Ini Tak Boleh Diremehkan

Jangan Cuma Beli, Yuk Bikin Sendiri Resep Bibimbap Sederhana dan Mudah Ini!