in ,

Berikut Tips Olahraga Untuk Pasien Pengidap Jantung!

CakapCakap – Olahraga merupakan suatu aktivitas yang baik dilakukan demi terjaganya kebugaran tubuh. Hanya saja setiap orang punya porsi olahraga yang berbeda-beda. Terlebih jika Cakap People mengidap suatu penyakit tertentu, misalnya saja memiliki riwayat penyakit jantung atau sempat operasi di area jantung. Maka kamu perlu memilih gerakan olahraga dengan selektif.

Kamu juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dalam memilih ragam olahraga yang hendak dijalankan. Apabila kamu sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter, maka lakukan ragam olahraga tersebut dengan rutin supaya kesehatan jantung terjaga. Selain itu, perhatikan pula tips berikut ini ya!

1. Waktu & lokasi olahraga

Lakukan olahraga dengan intensitas ringan via Acehimage.com

Hindari untuk olahraga di luar rumah apabila udara terlampau lembab, panas maupun dingin. Sebab kadar kelembaban yang terlampau tinggi bisa menjadikan kamu mudah lelah. Selain itu, temperatur yang terlalu ekstrem juga dapat menimbulkan gangguan sirkulasi, mengakibatkan dada nyeri hingga membuat pernapasan jadi sulit. Jika cuaca sedang panas, maka sebaiknya lakukan olahraga saat sore atau pagi hari saja.

2. Pilih gerakan

Senam aerobik dengan gerakan pilihan via Starberita.com

Jenis gerakan dalam senam aerobik bisa menjadikan paru-paru serta jantung bekerja dalam kurun waktu yang terbilang lama. Sehingga latihan yang satu ini dapat membantu jantung memakai oksigen dengan lebih baik serta membantu peningkatan aliran darah. Tetapi tak semua gerakan dalam aerobik dapat dilakukan oleh pasien pengidap penyakit jantung. Kamu dianjurkan untuk memilih gerakan dalam senam aerobik yang punya intensitas ringan. Misalnya saja seperti jogging ringan, berenang, berjalan, hingga bersepeda. Upayakan melakukan olahraga tersebut 3 hingga 4 kali dalam satu pekan. Tak lupa senantiasa lakukan peregangan terlebih dahulu sebelum memulai olahraga.

3. Hentikan aktivitas jika merasakan hal ini

 

Jangan terlalu memaksakan diri via Hellosehat.com

Pasien jantung disarankan untuk menghentikan aktivitasnya apabila jantung berdetak lebih cepat serta tak teratur. Cobalah untuk memeriksa nadi sebelum serta sesudah istirahat selama kurang lebih 15 menit. Apabila denyut masih 100 per menit maka langsung hubungi dokter. Kamu juga disarankan untuk menyudahi aktivitas yang dilakukan apabila telah merasa pusing dan lemah, merasa adanya tekanan atau sakit di bagian leher, rahang, bahu, dada hingga lengan.

Itulah beberapa tips yang wajib Cakap People perhatikan ketika ingin memulai olahraga bagi pasien jantung. Selain itu, upayakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan rutin mengonsumsi air putih. Sebab agenda minum air putih ini sangat penting guna menjaga keseimbangan tubuh.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Resep Masakan Tradisional: Urap Sayur, Coba Buat yuk!

Ada Jenjang Tamtama, Bintara dan Perwira dalam Karier TNI, Apa Bedanya?