in ,

Belajar Disiplin dari Orang Jepang dengan Kebiasaan Jalan Kaki

CakapCakap – Orang-orang Jepang memang sudah sejak lama dikenal dengan kedisplinan mereka. Makanya, tidak heran jika banyak warga Jepang yang bisa meraih kesuksesan besar, meski mereka pernah hancur ketika dua kota besar, Hiroshima dan Nagasaki di bom atom oleh Amerika Serikat dan sekutu pada Perang Dunia II tahun 1945 silam. Cakap People tentu saja sudah mengetahui sejarah tersebut. Hanya dalam belasan tahun, Jepang bisa bangkit kembali, salah satu berkat kedisiplinan.

Orang-orang Jepang sudah terbiasa berjalan kaki yang mengajarkan mereka tentang kedisiplinan. Via alphanext.co

Jika pernah berjalan-jalan ke Jepang, maka melihat orang-orang yang berjalan terburu-buru di kota-kota besar Negara Matahari Terbit tersebut bukanlah pemandangan yang aneh. Seperti dikutip dari laman Detik.com, disiplin memang sudah menjadi hal yang melekat di Jepang. Di stasiun sekalipun, masih nampak para lansia yang melangkahkan kaki dengan cepat, satu dua dibantu dengan tongkat. Jangan salah, ada yang masih kuat berlari mengejar kereta. Mereka sudah terbiasa berjalan cepat.

Menemukan lansia yang sedang jogging atau menaiki sepeda juga bukanlah hal yang jarang. Tidak heran mereka juga masih terlihat bugar, semuanya karena kedisplinan dan membiasakan berjalan cepat. Berjalan sendiri adalah salah satu olahraga yang low impact, tetapi memberikan manfaat yang luar biasa. Para ahli menyarankan setidaknya untuk berjalan kaki selama 150 menit dalam seminggu. Dengan berjalan kaki selama 30 menit per hari, sebenarnya target tersebut memang tidaklah sulit.

Berjalan kaki bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Via klikdokter.com

Namun, agar tubuh tidak kaget, sebaiknya coba dulu jalan kaki selama 10 menit per hari, seperti yang disarankan oleh laman AloDokter.com. Setelah terbiasa, secara bertahap tingkatkan durasinya. Jika jalan kaki dilakukan secara rutin, serta diiringi dengan menjalani gaya hidup sehat setiap hari, maka ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Manfaat paling utama adalah jalan kaki sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, hingga mampu memperkuat jantung.

Tidak hanya itu saja, jalan kaki secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah. Nah, mulai sekarang, ayo Cakap People mulai disiplin dengan kebiasaan jalan kaki!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ngeri! Gunung Ini Saat Kolaps Bisa Picu Tsunami Lebih Dahsyat dari Anak Krakatau

Hanya Sekejap! Ini Cara Mudah dan Murah Hilangkan Bulu Ketiak