in ,

Bahaya Kesehatan Ini Akan Mengancam Jika Kamu Terlalu Banyak Tidur

CakapCakap – Tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, banyak orang yang merasa kurang tidur akibat terlalu banyak melakukan aktivitas tertentu. Seperti bekerja, sekolah hingga berolahraga. Bagi Cakap People yang memiliki hari kerja mulai Senin sampai Sabtu maka tentunya hari Minggu merupakan waktu istirahat.

Setiap orang memang memiliki cara istirahat yang berbeda-beda. Namun, mayoritas orang akan memilih tidur. Tetapi terlalu banyak tidur juga tak baik loh! Malah dampaknya bisa sangat buruk bagi kesehatan. Apa saja bahaya yang mengancam akibat terlalu banyak tidur? Ini dia daftarnya!

1. Obesitas

Kurang bergerak bisa memicu obesitas via Hellosehat.com

Pasti kamu sering mendengar bukan jika orang yang banyak tidur memiliki potensi terkena obesitas lebih besar? Hal ini dikarenakan orang yang banyak tidur maka kemungkinan untuk aktif bergerak atau melakukan kegiatan fisik lebih sedikit. Sehingga lemak dalam tubuh akan tersimpan. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan lonjakan berat badan.

2. Badan pegal-pegal

Merasa badan sakit semua pasca bangun tidur via Hellosehat.com

Jika kamu terlampau lama berada di tempat tidur, maka secara otomatis badan akan merasa pegal. Kamu pun kemungkinan akan memiliki masalah di bagian punggung. Hal ini berkaitan dengan terlalu lama tidur dalam posisi tertentu bisa mengakibatkan badan pegal-pegal. Apalagi jika saat tidur kamu tidak banyak bergerak. Maka punggung yang menjadi tumpuan bisa terasa sakit setelah bangun tidur.

3. Insomnia

Sulit tidur saat malam hari via Hindustantimes.com

Gangguan tidur berikut ini bisa melanda kamu yang terlalu banyak tidur. Sehingga saat malam hari maka kamu akan kesulitan tidur nyenyak. Apabila kualitas tidur terganggu maka tentunya juga akan berdampak pada aktivitas kamu. Oleh karena itu, jika mengalami insomnia maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

4. Risiko terkena penyakit jantung dan stroke meningkat

Risiko penyakit jantung meningkat via Doktersehat.com

Menurut The National Sleep Foundation, waktu tidur yang terbaik bagi orang dewasa ialah 7 –  9 jam per hari. Jika terlalu banyak tidur, maka bisa mengalami masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular. Pihak Nurse’s Health Study menyebutkan apabila orang yang terlampau banyak tidur bisa memiliki risiko 38% terserang penyakit jantung lebih besar. Hal tersebut juga ditunjang dengan studi yang dilakukan oleh Inggris di mana menunjukkan bahwa serangan stroke dapat meningkat 46% pada mereka yang gemar tidur terlalu lama.

Apabila tubuh terlampau letih maka tak ada salahnya untuk beristirahat sejenak. Namun kamu harus tetap memiliki porsi istirahat yang tepat Cakap People. Sebab terlalu lama tidur juga akan menimbulkan banyak masalah kesehatan. Imbangi aktivitas fisik dengan kualitas dan kuantitas istirahat. Sehingga segala sesuatunya bisa berjalan seimbang.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Luar Biasa! Nenek Berusia Seabad Terjun Payung, Tujuan Aksinya Patut Diacungi Jempol

Jarang Diketahui! Ternyata Oli Bekas Memiliki Manfaat Menguntungkan Ini