in ,

Jarang Diketahui! Ternyata Oli Bekas Memiliki Manfaat Menguntungkan Ini

CakapCakap – Tahukah Cakap People jika ternyata oli bekas bisa dimanfaatkan untuk pemakai motor lain. Pemanfaatan oli bekas tidak perlu dilakukan oleh ahli motor ataupun ahli kimia, melainkan kamu sendiri pun bisa. Jika tertarik, kamu bisa menyiapkan kuas dengan ukuran menengah.

Penggunaan oli bekas dilakukan untuk mengurangi efek karat yang biasanya muncul di bagian knalpot motor. Karat sendiri bisa muncul akibat suhu panas yang tinggi dan berasal dari muntahan sisa pembakaran mesin.

Oli kendaraan via Suzuki.co.id

Karat akan muncul ketika panas di knalpot memicu timbulnya titik air yang membuat bagian penting dari motor tersebut menjadi lembab. Karat yang dibiarkan tentunya tidak baik karena bisa membuat knalpot patah akibat digerogoti. Adapun bagian dari knalpot yang seringkali terkena karat lebih dulu adalah bagian lehernya. Bagian ini merupakan bagian lubang buang mesin dengan panas tertinggi.

Pemanfaatan oli bekas untuk knalpot motor dapat dilakukan dengan cara mengolesi bagian knalpot dimana karat tersebut muncul. Kamu bisa menyalakan motor terlebih dahulu dan jika temperatur knalpot sudah lumayan panas, kamu bisa mengolesinya dengan oli bekas.

Reaksi penggunaan oli bekas akan terjadi pelan-pelan sampai karat pun rontok.  Knalpot merupakan bagian penting pada suatu motor. Jika knalpot mengalami karatan, hal ini tentu berbahaya bagi kendaraan tersebut.

Ilustrasi oli mesin via Otosia.com

Karatan membuat knalpot motor mudah mengalami pengeroposan. Jika sudah timbul lubang pada bagian dinding knalpot maka aliran pembuangan gas akan menjadi tidak lancar. Knalpot yang berkarat membuat motor berkurang tenaganya.

Kemunculan karat pada knalpot motor juga menyebabkan bunyi motor menjadi berubah. Inilah kenapa karat sebaiknya segera dihilangkan. Penggunaan oli bekas tentunya cukup menguntungkan karena selain mudah ditemukan kamu juga tidak perlu keluar banyak biaya untuk mendapatkannya.

Demikianlah cara memanfaatkan oli bekas untuk menghilangkan karat yang muncul pada motor. Langkah tersebut mudah dilakukan dan hanya membutuhkan kuas untuk pengolesannya. Jika Cakap People memiliki oli bekas yang tidak digunakan sebaiknya tidak buru-buru dibuang, segera manfaatkan untuk membersihkan karat seperti cara yang telah terurai di atas. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bahaya Kesehatan Ini Akan Mengancam Jika Kamu Terlalu Banyak Tidur

Lelang, Batu dari Bulan Dipatok dengan Harga 14 M