in

ART Mudik Lebaran? Tenang, Ini Tips Mudah Urus Rumah Tanpa Ribet

CakapCakap – Mudik merupakan tradisi yang banyak dilakukan oleh umat Islam ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri. Momen ini juga akan menyapa kita sebentar lagi, Cakap People.

Mudik sendiri banyak dilakukan agar bisa berkumpul dengan keluarga tercinta di hari yang suci. Termasuk juga para asisten rumah tangga (ART) yang biasanya akan pulang kampung saat lebaran. Sayangnya nih, kepergian ART buat mudik justru menimbulkan masalah baru di rumah. Mengapa? Ini lantaran rumah jadi tak terurus.

Jika kamu termasuk orang yang bakal ditinggal mudik oleh ART lebaran ini, berikut ini beberapa tips jitu mengurus rumah yang bisa kamu coba.

1. Masak jenis makanan yang praktis

Memasak sendiri via nova.grid.id

Saat ada asisten rumah tangga, kamu tentu tidak terlalu pusing dengan yang namanya persediaan makanan. Akan ada banyak makanan yang telah disiapkan oleh ART sehingga akan sangat membantu harimu.

Jika kamu merupakan tipe orang yang sibuk meski hanya untuk sekedar memasak, maka tidak ada salahnya untuk memasok beberapa bahan makanan praktis seperti mie, sosis, telur serta kentang. Jangan lupa persediaan beras juga ya.

2. Jangan menunda untuk merapikan barang

Sebaiknya tak menunda pekerjaan ruma via rakyatjakarta.id

Kamu harus tahu jika menunda-nunda merapikan barang akan membuatmu kelelahan sendiri saat harus merapikannya. Banyaknya penundaan maka semakin banyak pula benda yang harus dirapikan. Jika sudah menumpuk maka benda-benda tersebut bisa membuat tempat bersih lainnya ikut-ikutan menjadi kotor.

3. Cuci baju di laundry kiloan

Jika perlu cuci pakaian pada jasa laundry via okezone.com

Tips yang selanjutnya adalah dengan mencuci bajumu di laundry kiloan. Kamu bisa mengumpulkan pakaian untuk satu minggu dan membawanya ke laundry kiloan. Tanpa perlu repot mencucinya sendiri, kamu sudah bisa mendapatkan pakaian yang harum, rapi dan wangi. Harganya juga terjangkau.

4. Bagi tugas di rumah

Lakukan pembagian tugas via okezone.com

Tips yang selanjutnya adalah dengan membagi tugas di rumah. Daripada tugas rumah terbengkalai dan rumah menjadi berantakan, maka tidak ada salahnya jika kamu membagi tugas dengan para penghuni rumah. Jangan berwikap bawel dan memerintah namun bagilah tugas secara baik-baik dengan penghuni rumah lainnya.

Jangan bingung mengurus rumah saat ditinggal mudik ART ya. Lakukan tips di atas supaya rumah Cakap People tetap nyaman ditinggal dan jauh dari kata tidak terurus meski tanpa asisten rumah tangga. Jadi nggak harus selalu bergantung pada ART.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ustaz Arifin Ilham Meninggal Dunia di Malaysia, Kafan dan Makam Telah Disiapkan oleh Almarhum

Tanpa Bayar Mahal, Ini Deretan Buah yang Ampuh Bersihkan Lemak Perut